Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Seperti yang telah dipublikasikan sebelumnya, Kodim Bandarlampung (0410/kKBL) naik jadi tipe A. Dengan begitu secara otomatis komandan Kodim (Dandim) langsung dipimpin perwira menengah satu tingkat dari sebelumnya.

Bertalian dengan itu, Dandim0410/KBL Romas Herlandes yang dikenal ramah dan ganteng ini, resmi berpangkat kolonel. Hal ini juga menorehkan sejarah baru sebagai satu-satunya kodim di bawah Korem 043/Garuda Hitam yang dipimpin seorang kolonel.

Kenaikan pangkat Romas Ini dilakukan langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya
Mayjen TNI Irwan pada acara Tradisi Laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira jajaran Kodam II/Swj Periode 1 Oktober 2019, yang dilangsungkan di Gedung Sudirman Makodam II/Swj, Jalan Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang, Selasa (1/10/2019).

Acara kenaikan pangkat tersebut dihadiri oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, para Perwira Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU, para Dan/Kabalak jajaran Kodam II/Swj, Ketua dan Wakil Ketua beserta para Pengurus Persit KCK PD II Sriwijaya serta segenap perwira yang naik pangkat beserta istri.

Dalam pelaksanaannya, prosesi laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira yang berlangsung khidmat diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, penghormatan kepada Pangdam II/Swj selaku pimpinan acara dan laporan Korps kenaikan pangkat dari perwakilan masing-masing golongan Perwira, mulai dari golongan pangkat Kolonel, Letkol, Mayor, Kapten dan Letnan Satu.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, menjelaskan bahwa dasar pengajuan Usul Kenaikan Pangkat (UKP) bagi personel TNI AD adalah melalui sidang panitia Penentu Karier (Pankar) yang diusulkan dari satuan bawah setelah melalui penilaian oleh pimpinan satuan.

Selain hal tersebut, syarat kenaikan pangkat bagi seorang prajurit adalah telah memenuhi kualitas standar yang tertuang dalam talent scouting, sehingga diakui dan layak diapresiasi. Selanjutnya diberikan penghargaan sekaligus kehormatan untuk menyandang pangkat lebih tinggi.

"Dengan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, maka para perwira dituntut dapat mengembangkan pemikiran yang kreatif dan inovatif, kepemimpinan dan manajerial yang lebih matang dalam rangka memberikan sumbangsih yang berarti demi kemajuan Kodam II/Swj," kata Pangdam.

Oleh sebab itu, lanjut Pangdam, dengan kenaikan pangkat ini diharapkan para perwira dapat berbuat yang terbaik dilandasi dengan ketulusan, keikhlasan dan kejujuran.

Pada kesempatan tersebut, Irwan juga menyampaikan bahwa dihadapkan pada dinamika tugas yang semakin kompleks, terlebih lagi pada level perwira yang menempati posisi kepemimpinan pada tataran strategis, para perwira harus mampu menjabarkan kebijakan pimpinan, berani mengambil keputusan dan inovatif didalam koridor kebijakan pimpinan serta berani bertanggung jawab terhadap segala yang dilakukan.

“Tidak berlebihan jika kenaikan pangkat dapat dijadikan sebagai sumber motivasi dan inspirasi, guna menumbuhkan semangat kejuangan dan pengabdian agar dapat memberikan yang terbaik bagi TNI AD, bangsa dan negara," pungkasnya.

Usai laporan kenaikan pangkat, acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Mars Sriwijaya, kemudian dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada para Perwira yang naik pangkat beserta istri masing-masing, yang diawali oleh Pangdam II/Swj dan Ketua Persit KCK PD II/Swj diikuti Kasdam II/Swj dan Wakil Ketua Persit PD II/Swj beserta para pejabat teras Kodam II/Swj beserta istri, kemudian dilanjutkan acara ramah tamah.

Secara keseluruhan, pada periode 1 Oktober 2019 ini terdapat sebanyak 2.314 prajurit Kodam II/Swj yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula, di antaranya kenaikan pangkat Reguler yang terdiri dari 42 Pamen, 13 Pama, 955 Bintara dan 1.227 Tamtama. Sedangkan untuk kenaikan pangkat Penghargaan terdiri dari 28 Perwira dan 49 Bintara.

Sedangkan untuk acara kenaikan Pangkat Perwira, Bintara maupun Tamtama dari satuan jajaran Kodam II/Swj yang berada diluar Garnizun Palembang dilaksanakan secara tersebar di satuan masing-masing.(Lis/R1).

Post A Comment: