Editor : Wawan Nunyai

 Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Di tengah masih banyaknya pemadaman dan gangguan lainnya, pihak 'otoritas' kelistrikan di Lampung seolah memberikan 'angin surga' kepada para pelanggan. Yakni, jaminan bahwa pasokan listrik di Bumi Ruwa Jurai aman untuk hari natal dan tahun baru. benarkah?

Dalam siaran persnya, PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung telah mempersiapkan pasokan listrik selama perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2020. Menurut mereka, dipastikan kondisi kelistrikan Lampung aman selama berlangsungnya hari raya. Hal ini didukung dengan Total Daya Mampu Pasok Lampung mencapai 1.397,40 MW dengan Beban Puncak sebesar 1.071,7 MW. Menunjukkan bahwa Provinsi Lampung memiliki Reserve Margin sebesar 325,7 MW  atau 30,40% cadangan daya. Besaran daya tersebut tentunya didukung dengan sistem kelistrikan lampung yang handal, yakni 22 Gardu Induk dan jumlah penyulang sebanyak 210 penyulang yang tersebar di seluruh Provinsi Lampung.

"Kami akan memberikan pelayanan yang optimal dan kehandalan akan menjadi prioritas kami,"ujar Pandapotan Manurung, General Manager PLN UID Lampung, Jumat saat menggelar jumpa pers dengan awak media, di RM Rumah Kayu.

Menurutnya, PLN telah menyiapkan berbagai upaya untuk mengamankan kondisi kelistrikan Lampung selama perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, yakni Posko Siaga, Gelar Pasukan dan Peralatan Pelayanan Teknik, Persiapan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan Identifikasi Titik Lokasi dan Penyulang Prioritas.
Provinsi Lampung memiliki 89 posko dengan 1.052 personel yang siaga selama 18 Desember 2019 hingga 07 Januari 2020. Posko ini didukung dengan program-program lainnya, seperti Gelar Peralatan dan Pasukan Pelayanan Teknik yang dilakukan di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tanjung Karang, PLN UP3 Metro, dan PLN UP3 Kotabumi.

PLN telah mengidentifikasi dan menentukan titik lokasi penting selama berlangsungnya Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, seperti Gereja, Rumah Sakit, Tempat Publik (Lapangan), Instansi Aparat Keamanan, Instansi Pemerintah, dll menjadi fokus utama bagi PLN. Dengan adanya penguatan personel, kesediaan peralatan dan material, kehandalan sistem kelistrikan serta SOP yang mendukung, maka PLN optimis dengan kondisi kelistrikan Provinsi Lampung selama perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dalam hal ini, PLN meyakini bahwa persiapan menjelang hari raya memerlukan waktu yang tidak sebentar. Namun, dengan dukungan dan kepercayaan yang diberikan masyarakat Provinsi Lampung menjadi semangat serta motivasi bagi kami untuk terus memberikan pelayanan yang optimal.

Selanjutnya, Untuk kemudahan informasi dan layanan silakan menghubungi Contact Center di telepon (0721) 123, website www.pln.co.id, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123. Informasi jadwal pengurangan beban dapat dilihat di Facebook PLN Distribusi Lampung dalam info pemeliharaan.(Lis/san)

Post A Comment: