Tanggamus (Pikiran Lampung) - Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Karang Buah, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan.

Ditemui di ruangannya, Kepala SD Negeri 1 Karang Buah Bukhari, S.Pd mengatakan harapannya agar Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Pendidikan Tanggamus melakukan rehab 3 ruang kelas, gudang ukuran 2x2 meter dan MCK yang rusak parah, Jum'at (14/02/2020).

"Kami disini sangat mengharapkan agar Sekolah ini cepat diperbaiki, karena kondisinya sudah sangat parah," harap Bukhari.

Lanjutnya, dari 3 kelas yang minta di rehab, 2 kelas masih terpakai dan 1 kelas di sekat jadi 2 kelas dipakai siswa kelas 4 dan 5. Itupun kalau hujan kegiatan belajar mengajar pindah ke ruang kelas yang lain. Untuk 1 kelas rusak berat, sama sekali tidak bisa dipakai.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa/i SDN 1 Karang Buah tidak maksimal. Pasalnya, selain ruangan yang rusak berat, mereka harus belajar dalam satu ruangan yang disekat menjadi dua kelas. Dan ruangan perpustakaan juga tidak ada.

"Kondisi ini sudah berlangsung cukup lama. Namun sampai saat ini pihak terkait belum merealisasikan perbaikan ruang kelas," ujar Bukhari.

Terpisah, Zed salah satu orang tua siswa saat ditemui mengatakan apabila hujan datang disertai angin kencang, para orang tua merasan was -was."Kami khawatir akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap anak-anak kami saat kegiatan belajar mengajar,"jelasnya.

Bertahun-tahun bangunan SD ini kondisinya sangat mengkhawatirkan. Konstruksi bangunan yang sudah lapuk dan usang serta atap yang sudah bolong tidak layak untuk digunakan sebagai sarana belajar mengajar.

"Mohon kepada Pemkab Tanggamus agar memperhatikan Sekolah kami yang di daerah terpencil ini," pungkas zed. (Ady)

Post A Comment: