Tulangbawang (Pikiran Lampung)- Peduli dalam mengantisipasi dampak global akibat merebaknya virus Corona (Covid 19) yang mempengaruhi aktivitas dan ekonomi masyarakat, Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, SE., MH, menggulirkan bantuan sosial kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Bentuk bantuan yang diberikan diantaranya berupa 135 ton beras produk lokal Tulang Bawang. Kemudian aneka sembako seperti gula dan tepung, ditambah sabun dan   masker yang akan dibagikan ke 15 kecamatan untuk sebagian masyarakat miskin, yang terdampak kondisi global akibat merebaknya Covid-19.

Senin, 20 April 2020, bantuan dari Pemkab Tulang Bawang tersebut diserahkan secara simbolis langsung oleh Bupati Tulang Bawang Winarti, yang pendistribusiannya dimulai dari Kecamatan Dente Teladas dan Kecamatan Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang.

"Bantuan ini sebagai wujud perhatian kita untuk membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, karena terdampak merebaknya virus covid 19," ungkap Bupati Winarti.

Selain menyerahkan bantuan sosial, Bupati yang saat itu berkunjung didampingi Anggota Forkopimda dan sejumlah Pejabat Pemkab, juga melakukan kegiatan lainnya. Diantaranya meninjau Posko Pencegahan Covid-19 di Dente Teladas dan meninjau pembangunan Masjid di Kampung Pasiran Jaya, serta meninjau Puskesmas Gedung Meneng dalam melayani masyarakat, termasuk kesiapsiagaannya antisipasi covid 19.

Tak hanya itu, Bupati Winarti juga memberikan pengarahan kepada aparatur dan masyarakat setempat, untuk bersama-sama berperan dan bekerjasama mencegah Covid 19.

"Kita terus sosialisasi secara masif, yang dilakukan oleh Pemkab, Forkopimda, TNI-POLRI, agar timbul kesadaran masyarakat untuk menjaga keselamatan. Sehingga kita tidak perlu mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," ujar Bupati

"Ini mendekati Ramadhan, kalaupun ada masyarakat mudik, kami himbau ikuti protokol kesehatan. Jangan takut lapor mudik dari mana, karena Tim Puskes dan Kampung akan dampingi. Ini untuk antisipasi. Lingkungan juga harus mendukung memutus mata rantai Covid 19, untuk kenyamanan dan keselamatan masyarakat," tekannya.

"Saya yakin, dengan gotong royong sampai tingkat kampung/desa seperti ini, akan mempermudah kita memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Tulang Bawang," tegas Bupati Winarti.

Sementara masyarakat yang mendapat bantuan, sangat berterima kasih atas perhatian Bupati Tulang Bawang. Seperti diungkapkan Tri Lestari, warga Pasiran Jaya Dente Teladas. "Kami sangat berterima kasih atas perhatian Ibu Bupati," ucapnya.

Warga lainnya, Supriyatun menimpali, "bantuannya sangat berguna bagi kami. Harapannya semoga Ibu Winarti terus diberi kesehatan untuk terus memimpin Tulang Bawang," harapnya.

Selain itu, kebanggaan juga diungkapkan Sumarti, yang ternyata adalah Ibu Angkat Bupati Winarti yang tinggal di Dente Teladas. "Kami bangga atas bantuan dan perhatian Bupati Winarti. Ia membuktikan pemimpin yang peduli masyarakat. Bahkan saat begini, Ia rela turun langsung mengunjungi masyarakat. Kami sangat senang sekaligus terharu," ungkapnya. (Adv) 

Post A Comment: