Bandarlampung (Pikiran Lampung) Pemprov Lampung melalui dinas kesehatan terus bekerja keras untuk memerangi virus Corona. Termasuk sellau memberikan informasi terkini, terutama soal. ODP, PDP dan pasien positif Covid-19. 

Bertalian dengan itu, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyampaikan bahwa enam Tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia dinyatakan negatif COVID-19 setelah dilakukan rapid test di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH).

"Jadi tadi pagi kita lakukan rapid test kepada enam TKI ini hasinya mereka tidak mengidap virus corona," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Selasa (14/4/2020).

Ia mengatakan bahwa dalam bus tujuan Medan-Bandung tersebut terdapat enam warga Lampung yang dipulangkan oleh Malaysia dan tujuh orang lainnya akan menuju ke Kota Kembang.

"Pemeriksaan yang kami lakukan hanya untuk warga Lampung saja, penumpang lainnya tidak kita lakukan rapid test, karena sampai di Bandung mereka juga pasti discrening," jelasnya.

Dia menyebutkan bahwa enam TKI itu dua orang masing-masing dari Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Tengah, satu orang dari Lampung Utara dan satu lagi dari Lampung Selatan.

Reihana mengatakan bahwa saat ini mereka sudah kembali ke rumahnya masing-masing disusul oleh pihak keluarganya. Namun, pihaknya pun telah berpesan kepada para TKI dan keluarganya meskipun mereka dinyatakan negatif tapi harus tetap mengkarantina mandiri selama 14 hari.

"Kita tetap meminta mereka mengisolasi sebab para TKI ini satu mobil dengan pasien yang diduga positif COVID-19 setelah turun di Palembang," jelasnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan terkait TKI asal Lampung yang baru pulang ke daerahnya masing-masing.

"Dinas terkait pasti memberikan pemberitahuan kepada kami terkait TKI yang sudah pulang dan data tersebut kami akan langsung serahkan kepada petugas surveilan untuk memantau mereka," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, enam TKI ilegal asal Provinsi Lampung yang dideportasi dari Malaysia yang direncanakan tiba di Terminal Induk Rajabasa Pada Senin (13/4) malam, dialihkan langsung ke RSBNH untuk dilakukan pemeriksaan rapid tes, sebab salah satu penumpang bus yang turun di Palembang setelah diperiksa di rumah Sakit Siti Fatimah dinyatakan Positif COVID-19.(ant/p1)

Post A Comment: