Arif Gunawan. Foto ist
Lamsel (Pikiran Lampung)- Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, mendapatkan sambutan hangat dan apresiasi tinggi dari warga.

Sebab, program ini sudah lama dinanti warga desa setempat dan warga yang memiliki tanah di Desa Sabah Balau.
Menurut Arif Gunawan, Anggota pokmas setempat dan juga ketua Yuridis pengukuran tanah, bahwa PTS di Desa Sabah Balau telah berjalan lancar dan seusai dengan aturan yang berlaku. " Ya program ini telah beeberja sejak bulan Pebruari lalu, dan hingga saat ini lancar dan tak ada kendala apapun,' jelasnya, Kamis (7/5/2020). Baik dari segi biaya, lanjutnya, maupun saat pengukuran. " Soal biaya telah kita terapkan sesuai dengan aturan yang ada, jadi semuanya Rp400 ribu. Dengan rincian, Rp200 ribu biaya tetap dan 200 ribu adalah biaya kesepakatan antara warga dan pokmas. " Jadi tidak benar jika ada informasi bahwa ada biaya besar hingga Rp1 juta atau ada biaya pungli. Saya bisa pastikan itu semua hoak," jelas pria yang biasa disapa Gun ini. Hingga saat ini, jelas Gun, PTSL di Sabah Balau terus berjalan tanpa kendala yang besar. " Dan untuk bianya, saya tegaskan sekali lagi hanya Rp400 ribu saja. Tidak lebih dari itu," pungkasnya.

Terpisah, beberapa warga, yakni, ibu Ani warga sumur waru Antasari memiliki tanah di Sabah balau,
Uup warga Sukabumi
Dodi Iskandar, warga Sabah Balau dusun 1b, membenarkan jika biaya PTS hanya Rp400 ribu. " Ya pak benar, biayanya hanya Rp400 ribu, dan tidak ada lagi biaya lainnya," jelas mereka.

Terpisah, Kades Sabah Balau Pujianto membenarkan jika PTSL di wilayah tersebut telah berjalan sesuai dengan mekanisme yang benar. " Program PTSL di Sabah Balau telah berjalan lancar sesuai dengan mekanisme yang ada. Termasuk juga soal dananya.
Sepanjang yang saya tau,.dana untuk program PTSL hanya Rp400 ribu.Jafi kalau ada informasi warga dipungut biaya hingga jutaan rupiah, itu semua tidak benar. Dan tidak mengetahui hal itu," jelasnya. Sebab, kata Pujianto, semua kegiatan PTSL telah dia serahkan sepenuhnya ke panitia pokmas. " Tapi saya yakin, pokmas telah bekerja dengan benar sesuai dengan aturan yang berlaku," tegasnya. (Wawan)

Post A Comment: