Bandarlampung (Pikiran Lampung)-Hujan lebat yang mengguyur Kota Bandar Lampung sejak pukul 02.00 WIB hingga lepas subuh mengakibatkan beberapa lokasi tergenang air hingga sedada. Merespon kejadian tersebut relawan ACT Lampung yang berasal dari Komunitas Rimin ID dan Duta Qurban Fajar Ramadhan menyambangi warga terdampak banjir RT 04 Lingkungan 1 Kelurahan Kalibalau Kencana Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung pada Jum’at (12/06).

Pairin (56) warga yang turut terdampak mengatakan air mulai menggenangi rumahnya saat warga sedang tertidur pulas. Tiba-tiba air sudah sepinggang orang dewasa sehingga warga menggedor semua rumah untuk mengamankan perabotan masing-masing.

Kemudian warga mengamankan perabotan terutama barang elektronik ketempat yang lebih tinggi. Saat ini air sudah surut sehingga warga mulai membersihkan.

Lanjut Pairin luapan air akibat hujan yang mengguyur di Seluruh Kota Bandar Lampung. Disamping itu air laut diperkirakan juga pasang sehingga air tidak bisa terbuang dengan baik. Faktor lainya adalah aliran sungai berkelok dan menyempit sehingga air meluap hingga kerumah warga.

“Tingginya sedada orang dewasa, bisa dilihat dari bekas air ditembok itu. Tadi malam warga berjibaku menyelamatkan barang masing-masing, sampai siang ini banyak yang belum makan karena masih sibuk membereskan rumahnya,” ucapnya.

Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni mengatakan hari ini tim menyambangi dua tempat terdampak banjir di Kalibalau Kencana dan Labuhan Dalam untuk membagikan sekitar 300 porsi makanan siap santap dan kue pie. Bantuan makanan tersebut merupakan amanah dari MT Babussalam Al Ikhlas, RM Nasi Gandul, Sedop Nasi Kuning & Tumpeng dan Yummy Pie.

Penyaluran bantuan makanan siap santap merupakan bentuk empati atas kejadian banjir yang terjadi dibeberapa lokasi. Makanan tersebut diharapkan menjadi asupan nutrisi warga yang tengah berjibaku membersihkan lingkungan rumahnya.

“Bantuan tersebut merupakan amanah donatur kepada warga terdampak banjir, harapanya kejadian banjir yang terjadi dibeberapa lokasi di Bandar Lampung tidak terulang kembali. Sehingga warga yang muslim dapat fokus bersiap menyambut Hari Raya Idul Adha yang sebentar lagi tiba,  saya doakan yang sudah berniat qurban dapat menyalurkan ibadah qurbanya melalui Global Qurban-ACT Lampung,” tutupnya.(wan)

Post A Comment: