Pesawaran (Pikiran Lampung)-  Mengahadapi pandemi Covid-19 dan pilkada 2020 ini, para kepala desa di Bumi Andan Jejama diminta tetap fokus jalankan tugas serta mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini terungkap saat rapat kordinasi
Kepala Desa Se-Kabupaten Pesawaran Tahun 2020 dilaksanakan secara tatap muka langsung di gedung serba guna (GSG)y digelar Dinas PMD .Kamis (13/8/2020) .

Hadir dalam Kegiatan tersebut Bupati Pesawaran H.Dendi Ramadhona K.ST.M.Tr.IP , Asisten l Kepemerintahan dan kemasyarakatan Drs.Syukur Ka.OPD di lingkungan Pemkab.Pesawaran , Camat sepesawaran serta para kepala desa sekabupaten pesawaran.

Kegiatan Rakor Kepala Desa Se-Kabupaten Pesawaran Dibuka oleh Kepala Dinas PMD Drs.Zuriadi.MM

Bupati Pesawaran H.Dendi Ramadhona K.ST.M.Tr.IP dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh kepala desa agar tetap patuhi protokol kesehatan , menginggat situasi pada saat ini masih dalam situasi Pandemi .

Dendi Pun akan teruskan program Gerakan Desa Ikut Sejahtera (Gadis) untuk memberikan stimulus kepada Pemerintah Desa khususnya dalam meningkatkan perekonomian ditengah masyarakat dan Kita tahu saat ini pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak terhadap perekonomian kita terutama ditengah masyarakat desa, maka dari itu untuk memberikan stimulan agar perekonomian dapat terus berjalan kita akan kembali teruskan program Gadis.

“Program tersebut akan digulirkan secara bertahap terhadap 144 desa yang ada di Kabupaten Pesawaran dan Tahun depan (2021) Kita rencananya akan kita berikan dulu kepada 44 desa, akan segera kita anggarkan setiap desa akan memperoleh Rp200 juta dan saya juga akan meminta kepada Perusahaan Daerah (Perusda) untuk melakukan pendampingan guna mengangkat potensi yang ada di desanya masing-masing.Kata Bupati.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada para Camat dan Kepala desa yang telah berjibaku menghadapi Covid-19, sehingga bisa meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesawaran, Untuk itu Saya Juga menghimbau kepada seluruh aparatur pemerintahan desa untuk terus waspada terhadap penyebaran Covid-19.”Ungkapnya.

“Kegiatan di desa saat ini sudah ramai, dan kita tidak larang tapi ada pembatasan, karena hal ini sudah diatur dalam Perbup, Pergub bahkan sudah ada Perpresnya, dan kepala desa memiliki kewenangan untuk terus memantau dan mengawasi setiap kegiatan yang akan dilakukan didesa, karena kita saat ini sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru,” Terang Bupati.

“Kades juga harus bisa berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa saat ini kita juga sedang mengalami penurunan pembangunan, ini terjadi karena hampir sebagian anggaran kita digunakan untuk penanganan Covid-19, bukan hanya Pemerintah daerah saja tapi juga Pemerintahan Desa,” timpalnya.

Dendi juga menghimbau kepada semua kepala Desa yang hadir pada kegiatan Rapat Koordinasi ini agar dapat menjaga kondusifitas jelang pelaksanaan Pilkada Pesawaran 2020 ini.


“Saya sebagai Bupati juga ingin meminta kepada para Kepala desa tolong jaga suasana kondusifitas didesanya menghadapi Pilkada nanti, beda pilihan biasa tapi jangan sampai ada polemik maupun dinamika yang berlebihan apalagi sampai ribut. Tak perlu ada yang diributkan karena semua ini sudah ada gilirannya yang diatur oleh Allah SWT, walaupun saya sebagai calon saya berkomitmen akan tetap menjaga kondusifitas pada pelaksanaan Pilkada,”Paparnya.


Akhir kegiatan Dendi menyempatkan diri menyapa segenap awak media yang sempat hadir dalam peliputan kegiatan tersebut.(Gung/feri)

Post A Comment: