Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Wabah Corona kembali gunjang Bumi Lampung, kali ini menimpa dunia pendidikan. Khususnya di lingkungan kampus.

Dimana, satu dosen dan satu calon mahasiswa Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera) terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19).

Humas Itera, Rudiyansyah menjelaskan bahwa dosen baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut belum aktif berkegiatan di kampus.

Menurutnya dosen tersebut terdeteksi lebih dini setelah Itera memberlakukan protokol kesehatan dengan melakukan rapid test terhadap para calon dosen baru sebelum memasuki kampus.

“Dari seluruh calon dosen yang dilakukan rapid test pada 18 Agustus 2020, terdapat satu dosen baru dari Sumatera Selatan yang hasil rapid testnya reakif Covid-19. Sehingga, yang bersangkutan diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan menjalani tes swab,” kata Rudiyansyah, dalam keterangan resminya, Kamis (27/8/2020).

Dari hasil test swab dosen baru tersebut, kata Rudiyansyah, menunjukan hasil positif Covid-19 sebagai orang tanpa gejala (OTG). Dosen tersebut saat ini menjalani isolasi di Rumah Sakit Bandar Negara Husada, Lampung Selatan.

“Itera melalui Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) senantiasa memantau perkembangan dosen baru tersebut dan tetap berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan dan Provinsi Lampung,” ujarnya.

Menurut Rudi pihaknya memastikan bahwa dosen baru yang positif Covid-19 tersebut belum beraktivitas di dalam lingkungan kampus. Meski demikian, Itera tetap melakukan tracking dan hanya mendapatkan satu pegawai yang pernah bertemu dengan dosen baru tersebut.

“Itera telah meminta satu pegawai yang berinteraksi tersebut langsung melakukan karantina mandiri dan akan segera melakukan rapid test kepada yang bersangkutan,” kata Rudiyansyah.

Calon Mahasiswa Positif Covid-19

Selain itu, Itera juga menyampaikan adanya satu calon mahasiswa baru yang positif terpapar Covid-19. Hal tersebut diketahui setelah pihak kampus secara ketat memberlakukan protokol pencegahan covid-19.

“Itera memberlakukan wajib rapid test kepada seluruh calon mahasiswa baru sebelum memasuki lingkungan kampus untuk melakukan verifikasi berkas setelah diterima sebagai calon mahasiswa baru,” ujar Rudiyansyah.

Rudiyansyah menjelaskan bahwa dari hasil rapid test calon mahasiswa baru yang dilakukan secara mandiri di luar kampus tersebut, terdapat tiga calon mahasiswa dari luar Provinsi Lampung yang melaporkan hasil rapid testnya reaktif kepada panitia penerimaan mahasiswa baru.

Sesuai SOP, lanjut Rudiyansyah, tiga calon mahasiswa tersebut diminta untuk isolasi mandiri dan melakukan tes swab dengan tetap dipantau oleh tim BPAKB Itera.

“Dari hasil tes swab ketiga calon mahasiswa baru tersebut, diketahui terdapat satu calon mahasiswa baru yang positif terpapar covid-19 sebagai orang tanpa gejala. Sedangkan dua calon mahasiswa baru lainnya dinyatakan negatif covid-19,” kata Rudiyansyah.

“Selanjutnya, berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Lampung Selatan, calon mahasiswa baru yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut segera ditangani sesuai protokol dan menjalani isolasi di Rumah Sakit Airan, Lampung Selatan,” lanjutnya.

Rudiyansyah menambahkan bahwa Itera telah secara ketat menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lingkungan kampus.

Pihak Itera juga memastikan bahwa seluruh sivitas akademika baik dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang beraktivitas di kampus telah mematuhi standar operasional prosedur (SOP) pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh BPAKB Itera.

“Penerapan protokol kesehatan secara ketat juga diberlakukan kepada seluruh calon dosen dan mahasiswa baru Itera, dan tamu/pihak luar yang akan memasuki lingkungan kampus, sehingga dapat mendeteksi dini orang yang terpapar Covid-19,” ujarnya.

“Kami sampaikan bahwa dengan diberlakukannya Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 secara ketat di lingkungan kampus, Itera dapat mendeteksi secara dini orang-orang yang terpapar covid-19 sebelum mereka beraktivitas di Kampus dan berinteraksi dengan sivitas akademika Itera. Sehingga, tidak mengganggu aktivitas di lingkungan kampus,” lanjutnya.

Rudiyansyah mengungkapkan bahwa saat ini seluruh mahasiswa aktif Itera juga masih dalam masa libur semester dan akan menjalankan perkuliahan secara daring di awal September mendatang.

“Selanjutnya, Itera melalui BPAKB akan memantau perkembangan dosen baru dan calon mahasiswa baru Itera dan mendukung mereka hingga sehat dan terbebas covid-19. Itera juga akan terus berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan dan Bandar Lampung baik dalam penanganan sivitas akademika Itera yang positif terpapar Covid-19 ataupun dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” pungkasnya.(Weni/Lis)

Post A Comment: