Pantai Karang Bolong salah satu destinasi  wisata idaman di Tanggamus. Foto Agus Nurmanto Pikiran Lampung
Tanggamus-Peserta Tour D' Semaka, Festival Teluk Semangka 2018, kagumi destinasi wisata dan budaya yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Peserta Tour D' Semaka yang terdiri dari beberapa komunitas media sosial, seperti komunitas blogger, youtuber, chanel vlog dan instagram yang meramaikan jagad dunia maya di Lampung ini, menyatakan, panorama alam dan budaya Tanggamus "Beutiful'.

Para peserta Tour D' Smaka, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) mulai start dari Kemiling Bandar Lampung menuju Tanggamus sekitar pukul 06,30 Wib. Sesampainya di Tanggamus peserta mengunjungi pengrajin batik Ratu dan mengeksplore kegiatan, dilanjutkan ke Desa Agrowisata Kedora dan Desa Wisata Sidokaton, Base Camp Gunung Tanggamus, Gisting.

Kemudian peserta mengeksplore perkebunan kol Gisting sekitar pukul 13.00 -14.00 Wib, dan selanjutnya menuju destinasi wisata pantai Karang Bolong, lalu peserta menyempatkan ke Dermaga Batu Balai Kawasan Industri Maritim.

Selanjutnya, sekitar pukul 15.00 Wib para peserta tiba di pantai Karang Bolong, Limau, setelah sesi foto-foto dan konfirmasi kepada pengelola, yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Karang Bolong, para peserta sibuk mengeksplore keindahan pantai dan Karang Bolong yang masih asri dan alami.

Menurut Deddy, pemilik akun instagram Travelbydeddy ini menyatakan, fanorama alam Tanggamus sangat mempesona dan luarbiasa, dan hanya satu kata yaitu "Beautiful". Selain mempesona juga sangat berpotensi dikembangkan secara profesional, bahkan bisa menjadi salah satu tujuan wisata Nasional maupun Internasional kedepan.

"Yang jelas pemerintah daerah ataupun pengelola lokasi wisata harus terus mempromosikan destinasi wisata yang ada, maka para penikmat traveling wisata akan mengetahui dan berkunjung ke Tanggamus. Saya kagum melihat fanorama keindahan alam Tanggamus, seperti pantai Karang Bolong ini, sangat indah dan masih alami, hanya perlu ditingkatkan fasilitas sarana prasana pendukung wisata. Selain saya juga mencermati kerajinan batik ratu tadi, sangat berpotensi dikembangkan secara profesional, hingga dikenal keluar daerah," katanya.

Sementara itu yandiksyah, pemilik akun yandiksyah, menambahkan, sangat tertarik dengan kerajinan batik ratu, yang sangat khas dengan motif lumba lumba. Kemudian destinasi wisata Desa Agro Wisata diTanggamus sangat berpotensi dikembangkan secara profesional, dan menjadi andalan wisata Tanggamus.
"Saya merasakan nuansa yang berbeda saat mengunjungi desa agrowisata kedora dan sidokaton, selain udara yang sejuk dan asri, kita juga dapat langsung memetik jambu kristal yang segar, dan dimakan dengan bumbu rujak petis, sangat enak," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dispar Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, kegiatan Tour D' Semaka, merupakan salah satu rangkaian agenda Festival Teluk Semangka (FTS) tahun 2018. Adapun agenda FTS 2018 Tour D'Semaka, Selasa (11/09/2018), dilanjutkan malam harinya berupa sarasehan pariwisata di lokasi wisata pantai Muara Indah Kotaagung.

"Puncak acara FTS besok, Rabu (12/09/2018) di lokasi wisata air terjun Way Lalaan, agendanya berupa pentas seni. Kami juga akan mengukuhkan ornamen belahketupat sebagai ornamen khas Tanggamus," kata Retno. (Agus).

Post A Comment: