Tanggamus-Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan memimpin Rapat Paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap 2 anggota DPRD Tanggamus sisa masa jabatan 2014-2019 yang digelar di ruang rapat utama kantor DPRD setempat, Rabu (30/10).

Dua anggota DPRD Tanggamus yang mengalami pergantian itu yakni, Anggota DPRD Fraksi PDIP Yoyok Sulistyo yang digantikan Syaiful Anwar dan Anggota Fraksi Kebangkitan Sejahtera (FKS) Basuki digantikan Neneng Rohani.

Digantinya dua anggota DPRD Tanggamus tersebut lantaran pindah partai dalam kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, dimana Yoyok yang sebelumnya partai PDIP memilih pindah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sedangkan Basuki dari PKB pindah ke Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, mengatakan PAW bagi anggota DPRD merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi kekosongan kelengkapan keanggotaan DPRD Kabupaten Tanggamus.

"Sebagai anggota dewan yan baru, tentunya saudara perlu segera menyesuaikan diri, mempelajari berbagai ketentuan dan tata tertib yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai anggota dewan," kata Heri.

Dilanjutkan Heri, sesuai dengan UUD 1945, sebagai daerah otonom Kabupaten Tanggamus memiliki pemerintahan Daerah dan DPRD, dalam hal ini DPRD mempunyai tugas seperti membentuk Peraturan Daerah (Perda) bersama pemerintah daerah.

"Termasuk melaksanakan penyusunan APBD, dewan juga mempunyai tugas pengawasan terhadap Perda dan APBD, serta wewenang lain yang diatur dalam perundang-undangan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada dua anggota DPRD Tanggamus yang baru dilantik. Dewi berharap Neneng dan Syaiful selaku wakil rakyat dapat bekerjasama dan saling mengisi untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat yang diwakili di daerah pemilihan (Dapil).

"Sehingga pada gilirannya nanti saudara betul-betul mewakili daerah pemilihannya yang benar-benar amanah untuk mewujudkan masyarakat Tanggamus sejahtera," ujar Dewi.

Bupati juga menyampaikan kepada mantan anggota DPRD Tanggamus Basuki dan Yoyok Sulistyo, ungkapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan pengabdian yang telah diberikan selama menjadi mitra pemerintah Kabupaten Tanggamus.

"Semoga Allah SWT mencatatnya sebagai amal kebaikan atas segala pengabdian yang telah diberikan," ucapnya.

Dilanjutkan Dewi, bahwa masih banyak program yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah, untuk itu ia berharap agar DPRD dan stake holder dapat bekerja sama untuk mencapai kesejahtraan masyarakat.

"Berhasil tidaknya penyelenggaraan pembangunan di daerah ini, salah satunya tergantung kepada peran serta DPRD Tanggamus, terutama pada pelaksanaan program pembangunan," kata bupati.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga mengajak seluruh komponen yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tanggamus untuk terus menjaga suasana tetap kondusif.

"Dan kita juga harus terus waspada terhadap segala macam ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang menghambat pelaksanaan pembangunan dalam kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (Agus).

Post A Comment: