Kakon Campang Tiga Suyadi bersama tim PKk seteempat saat acara hiburan organ tunggal di balai pekon setempat.foto Agus Nurmanto, SH- Pikiran Lampung
Tanggamus- Dengan dasar permintaan sesepuh masyarakat, Pekon Campang Tiga Kecamatan Kota agung Kabupaten Tanggamus merayakan peringatan 1 suro (1 Muharam). Acara tersebut diisi dengan mengadakan acara wayang kulit semalam suntuk.

Untuk menyambut pegelaran wayang kulit yang akan dilaksanakan pada malam hari pukul 20.30 WIB, masyarakat sekitar memanfaatkan momen tersebut dengan hiburan musik organ tunggal di depan Balai Pekon, Kamis (4/10).

Menurut Kepala Pekon Campang Tiga, Suyadi, acara pegelaran wayang kulit berikut organ tunggal tersebut merupakan usulan masyarakat untuk memeriahkan peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah.

"Dalam bahasa Jawanya terkenal dengan Suroan, dan acara ini juga sudah direncanakan saat penyusunan Rencana Kerja Pekon (RKP)," katanya.

Tujuannya, lanjut Kakon, untuk memenuhi permintaan sesepuh masyarakat, karena sudah menjadi tradisi peringatan Satu suro selalu diadakan setiap tahunya.

"Kegiatan semacam ini sudah berlangsung setiap tahun, jadi kita selalu mendukung kemauan masyarakat," ujarnya.

Kakon mengatakan, selain Suroan, masih banyak lagi kegiatan pemberdayaan masyarakat yang rutin dilaksanakan di Pekon Campang Tiga.

"Seperti halnya hari besar Islam lainya selalu rutin kami rayakan, juga hari kemerdekaan RI, dan itu semua sudah menjadi tradisi masyarakat setiap tahunya, jadi saya sebagai Kepala Pekon selalu mendukung dan menfalitasi apa maunya masyarakat, asal sifatnya positif," terang Kakon.

Kemeriahan penyambutan acara Suroan itu juga dihadiri oleh seluruh masyarakat setempat dan seluruh perangkat pekon dengan bergotong royong menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pergelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut. (Agus).

Post A Comment: