Tanggamus-Sebanyak 20 narapidana yang memasuki masa pembinaan dan sudah diusulkan Pembebasan Bersyarat (PB) bersama seluruh petugas Lapas Kelas II B Way Gelang Kota agung Barat Tanggamus laksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos) di luar Lapas.

Dengan pengawalan 25 personil keamanan, kegiatan bakti sosial tersebut yakni membersihkan sepanjang ruas jalan lingkungan Lapas dan SMK Negeri 1 Way Gelang Kota agung Barat Kabupaten setempat, Jumat (19/10).

Menurut Kalapas, Sohibur Rachman mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat agar peran dan fungsi pembinaan kepada narapidana berjalan maksimal, dan napi tersebut dapat kembali diterima ke lingkungan masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai wujud kegiatan bersama membantu lingkungan menjaga kebersihan dan membantu masyarakat dilingkungan Jalan Lembaga dalam menjaga kebersihan, dan pelaksanaan ini adalah upaya melakukan tujuan dan sistem Pemasyarakatan" ujar Sohibur.

Sohibur menambahkan, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk kerja nyata Lapas dalam melaksanakan tugas yakni pembinaan terhadap para narapidana.

"Dengan kegiatan semacam ini, kami ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa para narapidana ketika mereka bebas agar dapat disambut baik oleh lingkungannya, dan tidak selalu berfikir negatif meskipun mereka adalah mantan Napi. Untuk kami pihak Lapas, kami ingin menunjukkan kegiatan positif ke masyarakat dan membuka diri kepada kalangan luar untuk saling bersinergi dalam melakukan pembinaan," terangnya.

Sementara itu, Ikhwani warga sekitar Lapas beserta seluruh warga seputaran jalan Lembaga pun menyambut antusias kegiatan tersebut, meskipun sedikit terheran dengan gebrakan yang dilakukan Kalapas yang baru menjabat satu Bulan itu.

 "Jarang-jarang mas ada pelaksanaan semacam ini, bahkan selama saya disini, sepertinya baru kali ini ada kegiatan semacam ini, semoga saja kegiatan semacam ini bisa berlanjut dan bisa membantu kegiatan warga setempat," Ujarnya. (Agus).

Post A Comment: