Tanggamus—Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Tanggamus menyiapkan sebanyak 200 paket makanan siap saji yang akan didistribusikan untuk korban banjir bandang di Kecamatan Cukuh Balak.

Kepala Disos Tanggamus Rustam didampingi Kabid Sosial Wiwin Triani mengatakan, paket makanan siap saji sudah siap untuk didistribusikan kelokasi bencana pada hari ini, Kamis (8/11/2018). Dengan mekanisme pembagian yakni satu Kepala Keluarga (KK) satu paket. Dimana paket itu berisikan bsikuit, sarden, minyak goreng, dan mie instan.

”Kalau jumlah yang diberikan itu kurang, maka kita akan siap mendistribusikan kembali paket makanan siap saji kelokasi bencana, selama stock masih ada. Karenakan kita tidak tahu berapa jumlah pastinya yang terkena bencana,” kata Rustam saat ditemui diruangannya.

Ia juga menjelaskan, Sebelumnya Disos Tanggamus juga sudah mendistribusikan bantuan 114 paket makanan siap saji kepada korban banjir di Kecamatan Wonosobo. Sementara untuk korban banjir di Pekon Umbar, Kelumbayan Barat yang semalam terjadi, Rabu (7/11/2018)  sedang disiapkan, sambil menunggu data valid berapa korban yang ada disana.

“Sama dengan Pekon Tanjung Agung, Kecamatan Kota Agung Barat yang data masuknya baru seiktar 50 rumah terendam banjir. Nah itu sudah kita siapkan juga untuk bantuan paket makanan siap sajinya. Jadi begitu data dari staf yang ada dilapangan dikirim ke kita. Kita langsung berikan dengan jumlah bantuan sesuai dengan data,” ujarnya.

Sementara untuk dapur umum, lanjut Rustam, pihaknya belum bisa menjalankan. Pasalnya, pihaknya masih menunggu data tentang daerah mana yang memang masuk dalam katagori membutuhkan.”Sampai sekarang kita belum terima adanya laporan mengenai daerah yang membutuhkan bantuan dapur umum,” jelasnya.

Saat ditanyakan menegani adanya stock beras yang berasal dari cadangan beras daerah untuk korban bencana, Rustam menegaskan siap untuk mendistribusikan beras kepada para korban bencana. Dengan mekanisme pendistribusiannya adalah, pihak Disos Tanggamus harus menerima adanya data dari petugas tanggap bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus yang kemudian ditembuskan ke Bupati Tanggamus.

“Setelah adanya surat tembusan dari Bupati Tanggamus, barulah kita ajukan ke Bulok untuk mendistribusikan bantuan beras dari pemerintah kepada para korban bencana alam yang ada di kabupaten ini, dan itu sesuai dengan data dari petugas lapangan,” pungkasnya.(Yusuf)

Post A Comment: