Tanggamus—Dalam rangka mendukung terciptanya kebersihan lingkungan terutama wajah ibu kota Kabupaten Tanggamus, yakni Kecamatan Kota Agung. Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat (DPUPR) setempat.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menyerahkan secara langsung kepada pihak kecamatan Kota Agung di halaman kantor Kelurahan Baros, pada Rabu (7/11/2018). Turut dihadiri juga oleh Assisten III Bidang Administrasi Pemkab Tanggamus Firman Ranie, Kepala DLH Tanggamus Syamdjuniston, S.H., MM dan Kepala DPUPR Tanggamus Mukifli Novem, serta Camat Kota Agung Syarif Z.

“Bantuan sarpras ini diharapkan bisa membantu menciptakan kebersihan lingkungan sehingga bisa tercipta wajah ibu kota Kabupaten ini menjadi lebih baik, bersih. Dengan demikian bisa terhindar dari segala macam wabah penyakit yang berasal dari lingkungan yang kotor. Tentunya juga bantuan yang di jaga dengan baik bersama sama,” kata Bunda Dewi (sapaan akrab).

Kepala DLH Tanggamus Syamdjuniston mengatakan, adapun bantuan yang diberikan adalah, empat (4) unit tossa, satu (1) unit dumtruck, empat (4) gerobak sampah dan 20 unit tong sampah dengan bentuk dua pilah. Sumber bantuan itu sendiri yakni mobil dumtruck dan dua unit tossa berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Dan 2 unit tossa lagi berasal dari PT. Natarang Maining dan PT. Pertamina Geotermal Energy (PGE), 2 unit gerobak sampah dari PT Tanggamus Electric Power (TEP), 2 unit lagi dari Multibrader. Untuk tong sampah dari PT. PLN Kota Agung. Pendistribusiannya sendiri yakni tossa dan gerobak sampah untuk Kecamatan Kota Agung, tong sampah disebar di perkantoran Pemkab Tanggamus, dumtruck untuk tempat pembuangan akhir (TPA) Kalimiring, Kota Agung Barat,” kata Syam, didampingi Sekertaris Kemas Amin Yusfi.

Sementara itu, Kepala DPUPR Tanggamus Mukifli Novem mengatakan, bantuan sarpras kebersihan yang diberikan ialah dua (2) unit tossa, dua (2) unit container sampah dan dua (2) gerobak sampah. Bantuan tersebut berasal dari Anggaran pendapatan dan Belanja Daereah (APBD) 2018. Dan pendistribusiannya sendiri untuk Kecamatan Gisting satu unit tossa, satu unit tossa ke Kecamatan Semaka, dan dua container untuk Kecamatan Kota Agung.

“Bantuan itu murni dari APBD 2018 kita, dan mudah mudahan dengan adanya bantuan ini, tingkat kebersihan semakin tinggi. Dan insya Allah, tahun depan kita akan berikan bantuan sarpras lagi sesuai dengan kekuatan anggaran yang ada,” pungkasnya.(Yusuf)

Post A Comment: