Tanggamus-Dengan mengusung tema "The Gathering of Heroes : Semangat Pahlawan di Dadaku". Petugas Lapas dan Warga Binaan Pemasyarakatan menggelar peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 di Aula Lapas kelas IIB Kotaagung Kabupaten Tanggamus.

Dalam rangkaian Peringatan Hari Pahlawan yang diselenggarakan di Lapas Way Gelang itu, diawali dengan penampilan grup Marawis dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu kemudian diisi dengan berbagai perlombaan-perlombaan yang diikuti oleh WBP.

Kegiatan peringatan Hari Pahlawan pada tahun 2018 ini, diselenggarakan secara serentak diseluruh Lapas dan Lembaga Pemasyarakatan se-Indonesia, dan hal itu digagas oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Republik Indonesia.

Dalam sambutan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami melalui Telekonfrens menyampaikan bahwa, dengan momentum peringatan Hari Pahlawan, diharapkan dapat kembali menggelorakan semangat juang, membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Serta memberikan motivasi kepada warga binaan pemasyarakatan untuk memperbaiki sikap sehingga kelak mengembalikan kesatuan hidup, kehidupan dan penghidupan ketika kembali ketengah masyarakat," pesannya.

Sementara, Kasi Binadik Lapas kelas IIB Kotaagung Ferdika Canra Giatja mengatakan, ada 4 perlombaan yang diadakan oleh Seksi Pembinaan Lapas, diantaranya lomba baca puisi bertema kepahlawanan, lomba pakaian perjuangan, dan lomba olahraga.

"Peringatan ini selain sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para Pahlawan, juga merupakan pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara, menanamkan rasa cinta tanah air terhadap WBP," katanya mewakili Kalapas Kotaagung Sohibur Rachman, Sabtu (10/11).

Ferdika menyampaikan, dengan peringatan Hari Pahlawan tersebut, dapat memberikan pelajaran kepada seluruh WBP, dengan memaknai dan mengenang perjuangan para pahlawan yang berjuang hingga tetes darah penghabisan demi membangun bangsa yang merdeka dan berdaulat.

"Kedepannya, diharapkan seluruh WBP sadar bahwa perbuatannya tidak sesuai dengan cita-cita kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para pahlawan, sehingga kelak ketika kembali ke masyarakat mereka menjadi warga negara yang baik," pungkasnya. (Agus).

Post A Comment: