Tanggamus- Warga yang tergabung dalam kelompok sadar keamanan dan ketertiban diminta punya keahlian serta pengetahuan.

Hal ini terungkap saat Bupati Tanggamus dan Pringsewu serta seluruh jajaran Kepolisian Resor Tanggamus menyambut kedatangan Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Drs. Purwadi Arianto, M.Si. beserta Ketua Bhayangkari dan rombongan di Mapolres Tanggamus, Rabu (7/11/2018).

Rombongan Kapolda Lampung tiba di Mapolres Tanggamus sekira pukul 10.45 WIB tersebut disambut dengan pengalungan bunga dan diiringi tarian Lampung Siger Pangunten dan Polisi cilik (Pocil).

Selain untuk meninjau langsung kondisi Polres Tanggamus, kedatangan Jendral bintang dua itu juga berdialog dengan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M., dan Bupati Pringsewu Hi. Sujadi Saddat beserta Forkopimda dua kabupaten yang berada di bawah wilayah hukum Polres Tanggamus tersebut. Dan melantik perwakilan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas).


Kapolda Purwadi Arianto mengawali sambutannya dengan mengucapkan terima kasih pada Polres Tanggamus dan polsek jajaran atas kesiapan dan pemyambutannya. Ucapan terima kasih berikutnya, ditujukan pada anggota Pokdar Kamtibmas Tanggamus dan Pringsewu. Menurut kapolda, pokdar kamtibmas berperan sangat besar dalam membantu menciptakan keamanan dan ketertiban.

"Terima kasih telah membantu Polres Tanggamus dan polsek jajaran dalam menciptakan kondisi aman, damai, dan kondusif," tutur mantan Waka Polda Metro Jaya itu.

Terciptanya kamtibmas itu, kata Purwadi Arianto, sangat penting dan sangat diharapkan masyarakat. Sebab kebutuhan dasar yang harus dipenuhi adalah kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Berikutnya adalah pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri dan pengakuan. Dan terakhir adalah kebutuhan terhadap rasa aman dan nyaman.

"Untuk menciptakan kebutuhan kamtibmas tersebut, kapolda berharap, Pokdar Kamtibmas Tanggamus dan Pringsewu serta Lampung, memiliki keterampilan dan pengetahuan guna lebih meningkatkan Kamtibmas. Setidak-tidaknya Saudara-Saudari mengetahui keterampilan untuk menciptakan keamanan di lingkungan masing-masing. Dan rekan Saudara-Saudari adalah Polri dan TNI. Semuanya akan membantu dalam bidang kemanan itu sendiri," ujar kapolda.

Bertepatan dengan akan dilaksanakannya Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019 mendatang, Purwadi Arianto juga menyampaikan pesan khusus. Terlebih, agenda perwujudan demokrasi itu akan dilaksanakan serentak mulai dari wilayah perkotaan hingga daerah pelosok, maka pasti akan menyita cukup banyak waktu.

"Setidak-tidaknya jika belum bisa berbuat, dapat menginformasikan. Kalau tidak bisa menginfromasikan, minimal mengkoordinasikan. Sehingga keamanan dan masalah sosial serta nuansa politik di wilayah binaan pokdar kamtibmas dapat diselesaikan secara bersama-sama," kata kapolda berpesan.

Sementara itu, Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma menerangkan, Pokdar Kamtibmas yang dikukuhkan Kapolda Lampung berjumlah 150 orang. Terdiri dari jajaran perwakilan 15 kepolisian sektor di wilayah Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu.

"Sebab Polres Tanggamus memang masih membawahi dua wilayah kabupaten. Setiap polsek memiliki 10 orang Anggota Pokdar Kamtibmas. Empat perwakilan Pokdar Kamtibmas ini, yang dikukuhkan langsung oleh Bapak Kapolda Lampung," pungkas Kapolres. (Agus).

Post A Comment: