BANDAR LAMPUNG – Program Wakaf Tunai menjadi program utama yang akan dijalankan usai pelantikan Pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Lampung, Selasa (27/11/2018) mendatang.
“Segera kami realisasikan program wakaf tunai di wilayah Lampung usai pengukuhan pengurus. Program wakaf tunai menjadi solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama di Lampung,” kata Ketua BWI Lampung Ir. Hi. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc, Selasa (20/11/2018).
Firmansyah juga mengatakan pihaknya bersama pengurus BWI lainnya akan terus mensosialisasikan wakaf kepada masyarakat Lampung. Mengingat banyaknya wakaf yang belum dikelola optimal bagi kesejahteraan masyarakat. “Semoga semua akan berjalan dengan baik,” kata dia.
BWI Lampung menyatakan masih banyak aset wakaf yang ada di wilayah Lampung saat ini belum memiliki legalitas formal dan juga belum produktif. BWI setempat bertekad untuk mengaktivasi aset wakaf tersebut agar produktif dan bermanfaat kemaslahatan umat.
Menurut Rektor IIB Darmajaya itu, BWI sudah terbentuk tahun 2008 tujuannya agar pengelolaan wakaf dapat lebih optimal dan bermanfaat. Saat ini, ada sekitar 5.000 hektare tanah wakaf yang terdaftar di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Lampung. “Banyak aset wakaf belum memiliki legalitas formal dan belum produktif,” kata Firmansyah.
Ia mengatakan kehadiran BWI di Lampung dapat mengaktivasi aset-aset tersebut yang saat ini belum pernah tersentuh. Bahkan kalau diperlukan, kata dia, BWI bisa mengganti dalam bentuk nadzir sehingga pengelolaanya akan lebih baik ke depannya.
“Tugas kami mengenalkan wakaf ke masyarakat, bayangkan potensi wakaf di Indonesia sangat besar, kalau sosisalisasi dan pengelolaan maksimal akan menjadi maslahat untuk umat,” kata Firmansyah yang juga Ketua Aptisi Wilayah II-B Lampung itu.
Sementara, Kepala Humas BWI Lampung Dian Eka Darma Wahyuni mengatakan Kemenag Lampung telah mendukung program-program yang akan disosialisasikan BWI kepada masyarakat. Menurut dia, program-program BWI tersebut dapat menjadi penyemangat bagi pengurus untuk berjuang mengenalkan produk Allah SWT yaitu wakaf. “Bahkan, Kepala Kemenag Lampung siap membantu program tersebut,” kata dia.
Menurut dia, wakaf tunai menjadi solusi meningkatkan taraf hidup masyarakat. Program wakaf tunai diantaranya melalui usaha-usaha produktif seperti Warung Wakaf atau Wakaf Mart. “Diharapkan program wakaf tunai dapat menyentuh langsung perekonomian masyarakat,” kata dia. (**)

Post A Comment: