Tanggamus-Bupati Tanggamus nyatakan ada 9 Kecamatan di Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama yang berstatus tanggap bencana.

Hal itu dikatakan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani saat meninjau lokasi tanah longsor yang menutup Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Sedayu Kecamatan Semaka Kabupaten setempat, Sabtu (1/12).

Menurut Bunda Dewi panggilan akrab Bupati Tanggamus, saat ini kondisi tanah di Kabupaten Tanggamus masih labil, hal itu disebabkan oleh intensitas hujan akhir-akhir ini cukup tinggi.

"Untuk kedepan ini belum aman kondisi tanah yang masih labil sehingga masyarakat diminta selalu waspada," katanya.

Bunda Dewi menyatakan, ada 9 kecamatan di Tanggamus yang berstatus tanggap darurat. Bupati meminta kepada masyarakat yang berada di 9 Kecamatan tersebut untuk tetap waspada.

"9 kecamatan tersebut adalah, Pematangsawa, Semaka, Bandar Negeri Semuong, Wonosobo, Kotaagung Barat, Limau, Cukuh Balak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat," ujar Dewi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tanggamus juga menyebutkan, masyarakat yang terkena dampak bencana akan diberikan bantuan logistik serta korban yang rumahnya terkena tanah longsor.

"Pemkab tanggamus terus berupaya dengan penanganan yang ada, karena musibah tidak bisa kita prediksi, dan berharap kepada masyarakat yang berdomisili di wilayah berpotensi terkena bencana untuk selalu mawas diri dan pemkab bersama dengan kecamatan serta pekon akan selalu siap siaga apa bila terjadi bencana," pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani saat itu diantaranya Pj Sekda Hamid H Lubis, Kapolres tanggamus AKBP I Made Rasma, Kepala dinas Kesehatan Sukisno, Kepala BPBD Tanggamus Romas Yadi dan Forkopimda. (Agus).

Post A Comment: