Bandarlampung- Dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2018, Universitas Muhammadiyah 
(UM) Lampung menggelar acara pentas seni, Sabtu (1/12/2018).

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki program studi Pendidikan luar Biasa (PLB) tersebut, tentunya menjadi keistimewaan dan kebanggaan bagi UM bisa menggelar acara tersebut. Sesuai Tema " Berprestasi Melalui Keistimewaan"  pentas seni, Yang dilaksanakan Aula Ahmad Dahlan.

Acara ini menampilkan 13 Pertunjukan dari siswa sekolah luar biasa (SLB) dan Sekolah anak berkebutuhan Khusus (ABK) yg ada di Provinsi Lampung.
Ketua Prodi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UM Lampung, Yulvia Sani MP.d. menyampaikan  rasa bangga terhadap kegiatan tersebut. Sebagai 1 dari 3 perguruan tinggi di Sumatera yg memiliki prodi luar biasa, Yulvia menyatakan Universitas Muhammadiyah Lampung telah menjadi Perguruan tinggi Inklusif. Hal ini dibuktikan dengan  menerima ABK dan menyediakan sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak tanpa kebutuhan khusus (ATBK) dan ABK melalui adaptasi kurikulum, pembelajaran, penilaian, dan sarana prasarananya .
Pentas Seni ini Menampilkan Kesenian CETIK dari SLB Baitul Jannah, Puisi dari SLB Bina Insani dan SLB Dharma Bakti, Menyanyi dari SLB Metro dan Growing Hope, Tari Kreasi dari SLB metro dan Dharma Bakti, Pantomin,  dari SLB Metro, Dongeng dr Baitul jannah, serta penampilan dari Mahasiswa   Pendidikan luar biasa UM Lampung
Kegiatan ini dihadiri pula,  Megawati. S.Psi,  Kasi kurikulum Bidang PKLK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Provinsi Lampung.

 Dalam sambutannya dia menyampaikan, Universitas muhammadiyah Lampung yang  mempunyai Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB), harus lebih pro aktif dalam setiap kegiatan dan dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung  Sementara itu, Rektor UM Lampung, DR.H. Dalman Mpd. menyampaikan UML saat ini sudah sangat maju dengan Kampus yang terakreditasi institusi B serta Semua prodi yang terakreditasi oleh Ban PT. "Tahun ini kita akan tingkatkan akreditasi B ke A untuk tiap Prodi Di Uml. "Di Sumatera hanya ada 3 perguruan tinggi yang mempunyai Prodi Pendidikan Luar Biasa, salah satunya di UM Lampung, tentunya ini menjadi kebanggan bagi masyarakat Lampung," ujar dia. Ini peluang yang baik bagi prodi plb utk mencetak guru anak berkebutuhan khusus di provinsi lampung.
Menurutnya, UM Lampung meyelenggarakan Pentas seni untuk anak disabilitas supaya Masyarakat lebih pedul pada anak berkebutuhan khusus (abk)
"Adanya Prodi Pendidikan Luar Biasa di Lampung harus didukung penuh oleh semua pihak,"jelasnya. Menurut dia, prodi tersebut merupakan bagian dalam pembangunan sumber daya manusia berkualitas.  "Semua dosen, mahasiswa, dan masyarakat Lampung harus turut serta memajukan Prodi Pendidikan Luar Biasa di UM Lampung. Prodi ini mampu meningkatkan SDM khususnya bagi masyarakat memiliki keterbatasan diri," ujar dia.
Kemudian Rektor UM Lampung, Dalman mengatakan semua perguruan tinggi wajib memberikan kesempatan kepada disabilitas untuk memperoleh pendidikan, tidak terkecuali UM Lampung. Hal tersebut tertuang dalam amanah undang-undang dan patut dilaksanakan. "UM Lampung telah melaksanakan undang-undang karena telah memiliki Prodi Pendidikan Luar Biasa. Ini adalah kebanggan bagi kita semua,"pungkas.(tm)

Post A Comment: