Editor : Wawan Nunyai

Tanggamus (Pikiran Lampung) – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 RI, warga Pekon Kalirejo, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, menggelar acara seni budaya tradisional petunjukan tari dan kuda kepang, Minggu (25/08/19).

Seni tari Kuda Kepang atau Jaranan, jadi salah satu budaya hiburan yang memperekatkan warga di Pekon Kalirejo dalam bingkai budaya Bhineka Tunggal Eka.

“Ini acara kuda kepang untuk memeriahkan tujuh belasan, kalau lomba -lombanya udah selesai minggu kemaren seperti tarik tambang, futsal dan lain sebagainya,dan hari ini acara hiburannya,” ungkap Kepala Pekon Kalirejo, Suwarko.

Paguyuban kuda kepang, lanjutnya, merupakan pelestarian seni budaya sehingga pada kesempatan tersebut semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa berantusias untuk menghadiri hiburan kuda kepang.

“Ini yang punya paguyuban warga pekon kita sendiri, agar seni budaya semacam ini tidak hilang maka kita pertahankan karena semua kalangan menyukai hiburan semacam ini,”imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua Paguyuban Kuda Kepang Turonggo Budoyo Pekon Kalirejo, Suswanto berharap perhatian dari pemerintah daerah agar bisa memfasilitasi dalam pengembangan seni budaya kuda kepang karena hiburan tersebut masih di minati semua kalangan.

“Sementara ini peralatannya seperti soundsystem dan tarup masih nyewa, kami berharap pada pemerintah agar bisa membantu memfasilitasi untuk pelestarian senibudaya supaya dapat di kembangkan khususnya Paguyuban Turonggo Budoyo,”pungkasnya.

Antusias warga pun terlihat, mereka berbondong-bondong, menyaksikan atraksi kuda kepang tersebut.

“Kami senang mas dengan hiburan seperti ini,karena anak saya sangat suka nonton kuda kepang, saya pun senang nontonnya setiap ada pertunjukan kuda kepang kami selalu nonton mas,” Tuturnya.(ryan/masri)

Post A Comment: