Editor :Wawan Nunyai

Pesawaran (Pikiran Lampung)-
Penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (rastra) yang digelontorkan Kementerian Sosial pada masyarakat Desa Trisno Maju Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, sangat membantu warga. Namun, sebagian masyarakat desa menilai pemberian bantuan ini akan menimbulkan kecemburuannya sosial dan rawan konflik.

Pasalnya, pembagian beras Rastra di desa ini disinyalir banyak tidak tepat sasaran.

Hal itu diungkapkan salah seorang warga masyarakat Trisno Maju yang namanya engan disebutkan, Senin  (2/9/2029).
Menurutnya, data penerima yang digunakan adalah data tahun 2015 lalu.
" Saat disinkronkan di lapangan, tidak sedikit ditemukan warga penerima bantuan yang justru dalam kondisi ekonomi menengah. Sementara warga kurang mampu, yang seharusnya menjadi penerima tidak masuk daftar penerima bantuan,,"jelasnya.

Dia juga mengatakan, program beras sejahtera yang digulirkan pemerintah sebenarnya baik dan sangat membantu masyarakat. Namun, kata dia, penyaluran bantuan ini sangat rawan konflik dan gesekan antar warga. Mengingat, data penerima bantuan sosial ini tidak update dan kurang tepat sasaran.

“Memang kejadian seperti ini tidak heran lagi, hampir setiap ada program bantuan baru, data penerimanya tidak tepat sasaran,” ujarnya.

Hal ini, membuat pemerintah desa setempat jadi sasaran kekecewaan warga. Pasalnya, dalam urusan pendataan penerima, pemerintah desa tidak tahu menahu. Sementara warga pasti melakukan protes dan kekecewaannya pada pemerintah desa.

Untuk itu, ia meminta agar pemerintah desa dapat  menyinkronkan data dengan data petugas PKH. Dengan begitu, perbaikan data akan terjadi dan bantuan rastra bisa lebih tepat sasaran.

"Data penerima bantuan masih kurang tepat sasaran. Ia menilai perlu dilakukan perbaikan data dengan melibat pemerintah desa setempat. Mudah-mudahan ke depannya dalam penyalurannya tidak ada lagi yang tidak tepat sasaran. Dan bantuan sosial beras sejahtera ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan,”pungkasnya. (jendri/fer)

Post A Comment: