METRO(Pikiran Lampung)- Dukungan untuk Dr.H. Andi Surya maju di pilwakot Metro terus mengalir. Kali ini dukungan diberikan oleh Gapoktan Metro Timur.

Kepada awak media, Ketua Kelompok Tani di Metro Timur, Samino, berharap Andi Surya yang akan mencalonkan diri sebagai Walikota Metro,  bisa memberikan solusi teknis masalah-masalah pertanian.

"Kami tahu latar belakang Pak Andi Surya, maka Kami dukung penuh Pak Andi Surya menjadi Walikota Metro 2020 - 2025, dengan harapan akan lebih memperhatikan sektor pertanian yang menjadi tulang punggung ekonomi rakyat,"jelasnya, kemarin.

Dihubungi secara terpisah, menanggapi pernyataan Ketua Gapoktan Metro Timur ini, DR. H. Andi Surya mengatakan, salah satu persoalan klise dunia pertanian di Indonesia adalah sulitnya pemasaran hasil pertanian, "Saat panen raya harga anjlok, sehingga petani gigit jari dan saat paceklik harga melambung sehingga konsumen dibuat bingung. Hal ini terjadi hampir di semua komoditas pertanian baik pangan maupun hortikultura,"sebutnya melalui sambungan telepon seluler.

Dilanjutkannya, panjangnya rantai distribusi dari petani hingga konsumen menjadi biang persoalan yang selama ini belum terselesaikan, ditambah lagi indikasi bermainnya kartel-kartel dalam perniagaan komoditas pertanian.

"Sektor pertanian masih menjadi agenda prioritas dengan pertimbangan tingkat kesuburan lahan, produktivitas serta sumberdaya pertanian yang unggul dan produktif di Metro,"ujar Dr. H. Andi Surya.

Dirinya menyebutkan, era digitalisasi telah muncul sebagai solusi permasalahan antara produsen dan konsumen. "Konsep onlinenisasi dapat memberikan pengaruh positif yang signifikan bila diarahkan untuk penguatan dan pemberdayaan petani sebagai produsen komoditas pertanian, dengan menggandeng pelaku bisnis startup online, bisnis berbasis digital, ke depan bisa mendukung sektor pertanian dalam hal memperluas pasar khususnya di Kota Metro ini," urai Dr. H. Andi Surya sambil menutup pembicaraan. (*/R1)

Post A Comment: