BANDARLAMPUNG - Rektor Universitas MiTRA Indonesia (UMiTRA), Dr. Ir. Hj. Armalia Reny Madrie lebih akrab disapa Bunda Reny Andi Surya yang merupakan "mantan kekasih" Bakal Calon Walikota Kota Metro Periode 2020-2025, Doktor H. Andi Surya dalam petuahnya kepada ibu-ibu warga Kota Metro, menuturkan bahwa  dulu menjadi seorang ibu rumah tangga memang selalu identik dengan hal pekerjaan rumah seperti merawat anak, menyapu, dan pekerjaan rumah tangga lainnya. "Namun, di era digital ini semakin banyak peluang usaha baru dengan pasar yang terus berkembang pesat", sebutnya.

"Menjadi Ibu rumah tangga yang cerdas dan produktif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik dalam kehidupan rumah tangga", Sebutnya dalam pertemuan dengan warga Kota Metro yang sebagian ibu-ibu di kediaman Doktor H. Andi Surya di bilangan Gunungan Agung Bandarlampung.

Para ibu rumah tangga tersebut lebih memahami hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam mendidik anak dengan cara yang benar, mengetahui berbagai aneka resep masakan untuk disajikan dan mengetahui pemahaman lainnya melalui pemanfaatan teknologi informasi yang dapat dengan mudah diakses.

Disebutkan Bunda Reny Andi Surya, untuk memperoleh manfaat tersebut, para ibu rumah tangga tentu membutuhkan perangkat digital seperti gadget yang dapat membantu mereka untuk mendapatkan manfaat dari adanya perkembangan teknologi sekarang ini.

"Dengan memanfaatkan teknologi informasi, perempuan pengusaha bisa meningkatkan kemampuan berbisnis, produktivitas, sekaligus keuntungan usaha", Sebut Bunda Reny Andi Surya.

Dilanjutkannya, "terbukti dengan banyaknya pebisnis perempuan yang menggunakan internet sebagai media berjualan, antara lain perawatan kesehatan, perabot rumah tangga, perhiasan, kerajinan tangan, pakaian, kecantikan dan lain sebagainya", urainya dengan lembut kepada ibu-ibu warga Metro yang hadir.

Berikut tips yang dapat disimpulkan dari Dr. Ir. Hj. Armalia Reny Madrie lebih akrab disapa Bunda Reny Andi Surya dalam pertemuan warga Metro tersebut, banyak hal yang bisa dikerjakan emak-emak tanpa perlu meninggalkan keluarga Anda, mengurus keluarga sambil berusaha, antara lain;

1. MUA (Makeup Artist)
Apabila Anda memiliki bakat dalam estetika dan keinginan untuk menggunakan bakat dan kreativitas Anda untuk membuat orang terlihat cantik maka bisa bisnis makeup.

2. Reseller
Reseller merupakan bisnis ibu rumah tangga dengan modal kecil yang dijalankan dengan cara menjual kembali suatu barang. Sistemnya, kita membeli barang dari supplier, kemudian menjualnya kembali  melalui bisnis online.

3. Bisnis Katering
Pekerjaan ini sangat tepat bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak dan senang bereksperimen di dapur dengan berbagai resep pilihan.

4. Bisnis Menjahit
Jika Anda merupakan salah satu ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan menjahit, Anda dapat membuka jasa jahit pakaian.

5. Toko Kelontong
Membuka toko kelontong atau toko serba ada dengan skala kecil merupakan salah satu hal yang sangat mungkin dilakukan oleh ibu rumah tangga di sela mengurus rumah tangga.

6. Bisnis Aksesoris Rambut
Keahlian dalam membuat berbagai jenis kerajinan tangan juga dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan, dapat mulai menjual aksesoris yang Anda buat secara online.

7. Bisnis Kursus Memasak
Punya kemampuan dalam memasak di atas rata-rata, maka Anda layak untuk membuka kursus memasak.

"Jadi, jika trik bisnis perempuan ini bisa ditularkan, maka jangan remehkan the power of emak-emak Kota Metro, ya...", pungkas Dr. Ir. Hj. Armalia Reny Madrie lebih akrab disapa Bunda Renny  Andi Surya, Jumat 1 September 2019 (*)

Post A Comment: