Editor : M. Arsan Noor

 Pesawaran ( Pikiran Lampung) - Dalam rangka Pengelolaan Dana Desa (DD), Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) lebih penting dari pada Pembangunan Insfrastruktur.

Namun, bagi Ismed Inanu, Kepala Desa Waylayap Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, tidak demikian Ia justru mengalihkan sebagian Anggaran Dana Desa (ADD) untuk membangun fasilita umum.

Meskipun Pembangunan Gedung Paud telah rampung tahun ini. Tetapi  Ismed juga membangun berbagai macam sarana fisik lainya.

"Tahun sebelumnya Kita bangun Taman Bermain Desa dari ADD," katanya.

Lanjut Ismed,  tahun 2019 melalui  Aparatur Desa dan masyarakat, disepakati Pembangunan beberapa Tugu di beberapa jalan pertigaan.

Hal itu, untuk memperindah setiap sudut Desa kata Ismed, "Secara kasat mata bila di lihat oleh para pengguna jalan akan terlihat indah dan rapih," tuturnya.

Untuk tahap berikutnya, Ismed justru akan kembali memokuskan Pembangunan Fasilitas Umum, seperti membuat Taman Bermain di saluran Irigasi Waylayap.

"Insya Allah tahun ini, pembangunan Tugu Pertigaan akan rampung di kerjakan, sehingga mampu memperindah sudut Desa," katanya.

Sedangkan Peningkatan SDM,  dimulai sejak beberapa tahun silam ketika Ia menjabat sebagai Kades.

Ismed melakukan pertemuan secara berkala dengan warga di masing-masing dusun.  Untuk memberikan penyuluhan secara aktif akan adanya kesadaran hukum di Desa.

Dan menghadirkan Aparat Kepolisian guna Penyuluhan dan Sosialisasi, Tata aturan Hukum yang berlaku.

Hal itu gencar dilakukan Ismed saat belau hendak maju mengikuti Pilkades.

"Yang jelas Saya melakukan Penyuluhan Hukum ditengah masyarakat Waylayap,  agar masyarakat sadar  dan taat akan hukum yang berlaku, sehingga warga dapat mengantisipasi hal-hal yang melanggar hukum di Desanya," jelas Ismed.

Seperti halnya pencegahan pernikahan dini, kenakalan remaja, narkoba dan lain sebagainya, "Kita tidak ingin masyarakat terlibat langsung masalah hukum, sehingga Kita melibatkan Aparat Kepolisian untuk Penyuluhan," pungkasnya. (Gung)

Post A Comment: