Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Saat ini musim kemarau panjang masih berlangsung di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Lampung.

Bertalian dengan hal itu, Kodim Bandarlanpung (0410/KBL) menggelar sholat Istisqa atau sholat meminta diturunkan hujan. Kegiatan ini digelar Rabu (18/9/2019).

Sholat dua rakaat yang diimami Makmun Rasyid ini dilaksanakan di Lapangan Kompi B Batalyon 143/TWEJ, Langkapura, pukul 09.00 Wib. Terik matahari tidak menyurutkan niat jajaran TNI, Polri, Pemerintah Kota, dan masyarakat untuk melangsungkan sholat Istisqa.

Dandim 0410/KBL Letkol Inf Romas Herlandes mengatakan, sholat ini untuk bermunajat kepada Allah, agar wilayah Indonesia, khususnya Kota Bandarlampung diturunkan hujan. Karena pada saat ini terjadi kemarau yang cukup panjang sehingga banyak terjadi kebakaran hutan, lahan dan kebun asapnya menggangu negara tetangga.

"Bahkan indeks untuk kehidupan bernafas sudah sangat kurang baik. Maka dari itu  menjadi atensi pemerintah dengan harapan semoga diturunkan hujan sehingga bisa membantu kebakaran dan asap kebakaran untuk direduksi," kata Romas.

Romas mengungkapkan, meski Bandarlampung tidak terkena dampak besar dari kebakaran lahan dan hutan, namun potensi kebakaran rumah penduduk cukup besar.
"Kalau untuk kebakaran hutan dan lahan tidak terlalu besar ya, kebanyakan rumah. Ini kami datangi tiap wilayah, kami ingatkan warga agar saat meninggalkan rumah pastikan dalam keadaan aman, jangan gara-gara kelalaian kita malah nanti merugikan orang lain," tandasnya.

Sementara Sekretaris Kota (Sekkot) Bandarlampung, Badri Tamam, mengungkapkan pihaknya berharap bencana kekeringan ini bisa segera berakhir.
"Kita memohon karena raja dari kekuasaan itu Allah, oleh karena itu kita mohon bencana kekeringan ini segera diakhiri. Mungkin Bandarlampung sering terjadi kebakaran. hutan atau lahan sedikit tapi rumah banyak, ini juga bencana yang harus kita hindari," pungkasnya. (Resep/Wawan).

Post A Comment: