Bandarlampung (Pikiran Lampung)-Peran dan kewajiban masyarakat dalam membuat situasi aman dan nyaman sudah tercantum dalam batang tubuh UUD 1945, yaitu kewajiban sebagai warga negara seperti yang di atur pada Pasal 30.  "Tiap-tiap Warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara", tutur Anggota DPD RI Dr. H. Andi Surya, yang juga Ketua Yayasan Universitas MiTRA Indonesia dan Global Surya Islamic School Bandarlampung, yang merencanakan ikut meramaikan kontestasi Pilwalkot Metro mendatang.

Hal ini dikatakannya menanggapi aspirasi dan keluhan warga Kelurahan Banjarsari  Basongan Metro Timur, Bang Ri (49) yang menuturkan bahwa saat ini tingkat kriminalitas cukup mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat saat dikunjungi jurnalis  di kediamannya, kemarin.

"Kami berharap, pak H. Andi Surya yang akan mencalonkan diri sebaga Bakal Calon Walikota Metro dapat mewujudkan kondisi aman dan nyaman bagi warga Metro", sambungnya.

Kamtib merupakan hal yang urgen membangun suatu wilayah. "Bahwa pemeliharaan keamanan dan ketertiban salah satu fungsi Kepolisian yang meliputi penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku alat negara, dibantu masyarakat dan pemerintah dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia,"kata Doktor H. Andi Surya di tempat terpisah.

Dilanjutkannya, masyarakat Kota Metro memiliki peran aktif dalam meningkatkan ketertiban dan keamanan, peran masyarakat itu bisa dibangkitkan dengan cara kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat secara bersama, salah satunya dengan mengadakan sosialisasi Sistem Keamanan Lingkungan. "Upaya ini memberikan pendidikan dan kesadaran untuk peduli ketertiban dan keamanan lingkungan. Dengan sosialisasi ini juga akan membuat warga mengerti kebutuhan pentingnya sistem keamanan lingkungan", tutur Dr. H. Andi Surya.

"Terakhir, Adanya koordinasi yang baik dan intensif yang melibatkan Polri, TNI, dan pemerintah kota dalam setiap penyelenggaraan keamanan  dan ketertiban masyarakat akan menciptakan keamananan yang kondusif membangun Kota Metro", pungkas Doktor H. Andi Surya Bakal Calon Walikota Metro Periode 2020-2025. (*)

Post A Comment: