Tuba Barat (Pikiran Lampung) - Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP  atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2018. Opini WTP tersebut merupakan yang ke-8 kalinya berhasil diraih Kabupaten Tuba Barat secara berturut-turut sejak tahun 2011 silam.

Prestasi dibidang administrasi keuangan daerah ini menjadi target bupati Umar Ahmad kepada semua SKPD dalam menjalankan keuangan pemerintah daerah dalam setiap tahun anggaran.

Prestasi WTP tersebut juga menjadi komitmen bersama antara pemkab dan DPRD untuk mensukseskan pembangunan di Bumi Ragem Sai Manggi Wawai tersebut.

Dalam proses penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tulangbawang Barat Tahun Anggaran 2018 tersebut diserahkan langsung oleh ketua BPK RI perwakilan Lampung, Sudarto kepada wakil bupati Fauzi Hasan mewakili bupati Umar Ahmad dan wakil ketua DPRD Yantoni dengan disaksikan Sekretaris Kabupaten Herwan Sahri digedung BPK RI Bandar Lampung, Selasa (28/5/2019).

Turut hadir dalam acara penyerahan WTP tersebut yaitu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Mirza Irawan, Kepala Inspektorat Bustam Efendi, dan sejumlah pejabat eselon III di pemkab setempat.

"Guna terus mempertahankan capaian ini di tahun-tahun berikutnya, pemkab akan menekankan soal kualitas yang akan terus ditingkatkan dengan melihat apa yang menjadi catatan, kekurangan hasil pemeriksaan BPK  setiap tahunnya " , tukas Herwan Sahri selaku Sekda kepada awak media.

“Jadi, kalau ada catatan kelemahan itu yang menjadi pijakan kita dalam rangka memperbaikinya kedepan. Termasuk juga sebagaimana sumber daya manusia (SDM) kita yang mengelola keuangan di OPD perlu memperhatikna keahliannya yang berkaitan dengan ekonomi akuntansi. Selain itu juga sebagaimana kita melakukan penguatan standar-standar pengawasan baik di internal dinas OPD mupun secara menyeluruh, serta selalu meningkatkan koordinasi secara horizontal dan vertikal,” pungkasnya. (ADV)

Post A Comment: