Bandarlampung (Pikiran Lampung)– Siswa-siswi SMPN 1 Bandar Lampung terus mencetak prestasi. Di bawah kepemimpinan kepala sekolah SMPN 1 Bandar Lampung Tri Priyono S.Pd, banyak prestasi yang ditorehkan. Baik tingkat Kota, Provinsi maupun nasional mengharumkan nama Provinsi Lampung.
Ditemui di kantornya, Tri Priyono mengatakan, selama menjabat sebagai kepsek SMPN 1 Bandar Lampung, dirinya selalu mendorong agar siswa bisa berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.
 “Saya selalu mendorong agar siswa bisa berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Meski yang tetap lebih utama adalah belajar, namun  kita dorong siswa juga bisa berkembang. Yang punya bakat olahraga kita dorong agar bisa menjadi bibit atlit-atril muda potensial. Yang di bidang seni juga kita dorong dan fasilitasi,” ungkapnya kepada media ini.
Tak heran, sejak dipimpin Tri Priyono, siswa-siswi SMPN 1 Bandar Lampung mencetak banyak prestasi. Diantaranya mampu lolos mewakili Lampung pada kejuaraan Renang pada even Porwil X Bengkulu  yang akan digelar 3-9 November mendatang. Juga prestasi di bidang Pramuka yakni akan mewakili Lampung dalam even Pertikara Nasional di Medan, Sumatera Utara 2020 mendatang.
“Untuk yang prestasi di bidang olahraga tetap latihannya diluar jam sekolah. Kecuali jika bertanding maka kita berikan supporting dengan dispensasi waktu belajar. Seperti untuk renang, kita latih siswa kami secara dasar dulu. Selanjutnya, kita bekerjasama dengan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) untuk masuk training center sebagai atlit. Jika sudah mewakili provinsi maka dia atlit daerah. Kita tetap supporting misalnya dengan memberikan dispensasi ,” kata Tri Priyono. Adapun prestasi siswa-siswi SMPN 1 Bandar Lampung terbaru sejak kepemimpinan Tri Priyono yang sebelumnya menjabat Kepala SMPN 14 Bandar Lampung, diantaranya adalah juara tingkat provinsi Lampung 2019 :
- Keysha Aulia Safinka menjuarai LCT MIPA
- Khanya S. Herawanto  dan M. Aditya Irawan juara Olimpiade Astronomi
- M. Zayyan Putra Akbar dan Haikal Azamta juara Olimpiade MTK
- M. Prima Radi juara LCT MTK
- Feby Trieya Pitaloka dan Nabila Qisti Syabani juara PMR Madya Putri
- Serly Dwi Nugraha dan Raditya Febrian Pkeluar sebagai juara umum Patroli Keamanan Sekolah (PKS) se-Kota Bandar Lampung
- Cahya Adinda Tasya juara Regu Terfavorit
- Galih Satria Permana dan Navara Nurul Sasyadha SA juara renang se Provinsi Lampung
- Azizah Ananda Suri juara Seni Musik
- Kanjeng Ratu Balqis juara Solo Song
- Intan Dwi Thahira juara Pantun Tingkat Nasional (FLS 2019)
Selain para siswa, dewan guru SMPN 1 Bandar Lampung juga berprestasi diantaranya meraih juara pada  even Tari Rudat dalam rangka HUT Kota Bandar Lampung 2019.
Tri Priyono menambahkan, pihaknya menerapkan kurikulum 2019 pelyanan berbasis karakter. Seperti pembelajaran pada pagi hari. Juga sudah melakukan pelayanan full day school.
“Memberikan pembelajaran dan kegiatan lain seperti ekstrakurikuler yang menunjang prestasi siswa. Pelayanan paket full day school kita bagi dalam beberapa paket. Diantaranya paket akademik mengarah pada peningkatan kompetensi keilmuan para peserta didik. Paket kedua ekstrakurikuler. Diberikan kepada para peserta didik yang berminat mengikuti kegiatan tersebut. Utamanya dilakukan pada hari Sabtu. Namun ada juga yang dilakukan di hari-hari lain berdasarkan kesepakatan pelatih dan para peserta didik. Selain itu, kami juga memberikan pelayanan pembelajaran intensif kepada para siswa kelas 7, 8 dan 9. Kami juga sudah menjalin kerjasama dengan pihak-pihak lain dan masyarakat untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik. Diantaranya dengan pihak kesehatan, kepolisian, pemadam kebakaran, lembaga-lembaga lain. Kita melakukan pelayanan berlandasan pendidikan karakter. Sesuai dengan visi ‘Mewujudkan Lulusan SMPN 1 Bandar Lampung yang Bertaqwa, Cerdas, Terampil dan Berkarakter,” tandasnya.

Salah satu siswa yakni Keysha menyatakan bahwa selama ini perhatian dan dorongan dari sekolah untuk berprestasi sudah cukup baik. “Sejauh ini perhatian dari sekolah juga sudah cukup baik mendorong bagi kami para pelajar untuk bisa berprestasi,” tukasnya. (San/napi)

Post A Comment: