Bandarlampung (Pikiran Lampung)-Babinsa Kelurahan Susunan Baru Koptu Benny beserta masyarakat setempat mengambil langkah cepat dan sehat guna mengatasi kesulitan warga di wilayahnya.

Yakni, dengan melaksanakan pengukuran SANIMAS (sanitasi berbasis masayarakat)
bersamaan dengan Tim TPL (Tenaga penyuluhan lapangan), LKM, (lembaga keuangan masyarkat) dan KSM (kelompok swadaya masyarakat) di Kelurahan Susunan Baru Jalan Bakti Utama RT 07 LK 1  Kelurahan Susunan Baru Kecamatan Tanjung Karang Barat, Selasa (05/11/2019).

Benny mengatakan, Program SANIMAS berusaha untuk berperan dalam menyediakan sarana sanitasi dalam penanganan air limbah permukiman bagi masyarakat berpenghasilan rendah di lingkungan padat penduduk, kumuh, dan rawan sanitasi dengan pendekatan yang tanggap kebutuhan (berbasis masyarakat).

"Ini merupakan sebuah inisiatif untuk mempromosikan penyediaan prasarana dan sarana air limbah permukiman yang berbasis masyarakat dengan pendekatan tanggap kebutuhan. Fokus kegiatan SANIMAS adalah penanganan air limbah rumah tangga khususnya tinja manusia, namun tidak tertutup juga untuk menangani limbah cair industri rumah tangga yang dapat terurai secara alamiah seperti industri tahu, tempe dan sejenisnya. Melalui pelaksanaan SANIMAS ini, masyarakat memilih sendiri prasarana dan sarana air limbah permukiman yang sesuai, ikut aktif menyusun rencana aksi, membentuk kelompok dan melakukan pembangunan fisik termasuk mengelola kegiatan operasi dan pemeliharaannya, bahkan bila perlu mengembangkannya" Kata Benny.(tim/napi)

Post A Comment: