Metro (Pikiran Lampung)-  Andi Surya, Balon Walikota Metro, memaparkan Program 6 M yang terdiri dari sektor keagamaan, Kota Kreatif, pendidikan dan budaya, kesehatan, City Hub serta Kota Sinema, "Khusus produk kreatif yang berasal dari UMKM, seniman dan petani harus menjadi sokoguru sektor ekonomi kreatif yang wajib kita penjuangkan di masa depan untuk tumbuhnya ekonomi rakyat sekaligus wisata seni dan budaya", Ujar Andi Surya, di sela kunjungannya di beberapa kelurahan Kota Metro.

"Program 6 M merupakan solusi, terutama dalam mendorong ekonomi kreatif melalui produk kreatif yang dihasilkan Seniman, UMKM dan petani", Ujar mantan anggota DPD RI 2014 - 2019 ini.

Disebutkannya, agar Metro menjadi terkenal dan berkenan disinggahi wisatawan, salah satu daya tarik adalah produk kreatif seni budaya dan artefak Metro, sebab wisatawan yang 'high level' biasanya lebih memanjakan diri dengan benda-benda seni dan budaya untuk kepuasan mereka.

Dilanjutkannya, Metro selayaknya memiliki Musium dan Galeri Seni untuk beri ruang aktivitas seni dan pameran produk kreatif seni, budaya dan artefak, sehingga mendatangkan wisatawan sekaligus mendorong inspirasi seniman. "Musium dan galeri seni itu nantinya akan menjadi 'Landmark' aktivitas seni budaya Metro masa depan", Ujar Andi Surya.

Dilanjutkannya, produk kreatif yang dihasilkan Seniman di masa depan akan menjadi andalan Kota Metro, "Seniman Metro perlu pembinaan agar muncul kreasi seni yang berkelas, apakah itu berupa benda-benda seni lukisan, pahat, dan seni kerajinan tangan, di samping itu memberi ruang bagi seniman tari, drama, musik dan koreografi untuk tampil dalam event-event terjadwal di galeri seni dan Cinema city", Urai Andi Surya.

"Untuk memasarkannya perlu mendatangkan kurator seni dan artefak budaya, serta berpromosi melalui media 'mainstream' maupun medsos agar wisatawan terutama yang 'high level' peroleh informasi valid keunggulan seni dan budaya Metro", Tutup pemilik Universitas Mitra Indonesia dan Global Surya Islamic School ini.(tim)

Post A Comment: