Tanggamus (Pikiran Lampung)- Musibah bencana alam terus terjadi di wilayah Indonesia, tak terkecuali daerah Lampung. Kali ini, Kabupaten Tanggamus mengalami musibah bencana yang cukup besar.

Dimana, hujan deras yang tak henti-henti sejak pukul 16.00 Wib, kemarin, mengakibatkan beberapa titik di wilayah Kecamatan Semaka terjadi tanah longsor dan banjir.

Sehingga jalur utama Jalan Lintas Barat terputus dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat karena badan jalan tertutup luapan air.

Dari lokasi banjir, Brigadir Nanang Wahyudi dari satuan Lantas Polres Tanggamus melaporkan bahwa, ruas jalan lintas barat tepatnya di simpang Sedayu Kecamatan Semaka tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Hal itu disebabkan karena badan jalan tertimbun material longsor akibat banjir bandang," katanya mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, sekira pukul 20.00 WIB, Kamis (9/1/2020).

Anggota Lantas Polres Tanggamus itu juga menghimbau kepada para pengendara yang dari Kabupaten Pesisir Barat menuju Bandar Lampung atau sebaliknya untuk tidak melakukan perjalanan terlebih dahulu.

"Sebab kondisi lalu lintas di jalan penghubung antara Kabupaten Tanggamus dan Pesisir Barat atau Lampung Barat belum dapat dilalui total, dikarenakan material longsor masih menutupi jalan raya tepatnya di Simpang Sedayu Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus," ungkapnya.

Sementara salah seorang anggota Patroli Sat Sabhara Polres Tanggamus Bripka David Syazeli juga melaporkan, adanya tanggul jebol di daerah Pekon Padawaras sehingga mengakibatkan air Way Semaka meluap ke jalan.

"Terdapat tanggul di pinggir jalan jebol, tepatnya di Pekon Padawaras, sehingga jalan raya juga tidak dapat dilalui oleh kendaraan," ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan resmi terkait kerugian atau korban akibat banjir bandang dan tanah longsor di beberapa titik di Wilayah Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus tersebut dan hingga pukul 23.00 WIB hujan belum reda.

Tampak di lokasi banjir saat ini tepatnya di Pekon Padawaras, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM bersama Dandim 0424/TGM Letkol Inf. Arman Aris Sallo serta jajaran kepolisian, TNI, BPBD. (Agus).

Post A Comment: