Pringsewu (Pikiran Lampung)- Dalam rangka penataan pangan kelompok Pringsewu, Bupati Pringsewu melalui Asisten II Djondrawardi meresmikan lumbung pangan bantuan DAK 2019 di Pekon Bulukarto kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Selasa (11/2).

Dalam sambutannya Djondrawadi mengatakan, melalui pembangunan lumbung pangan di Pekon Bulukarto ini, diharapkan dapat  mewujudkan pengadaan pangan guna mencukupi kebutuhan pangan di Pringsewu khususnya masyarakat setempat. Selain itu juga, dibangunnya tempat penyimpanan pangan ini bisa dimanfaatkan pada musim paceklik nanti yang sangat berguna bagi petani.“Saya minta kepada kelompok tani yang telah menerima bantuan ini, turut menjaga dan merawat bangunan ini dengan baik serta memanfaatkan bangunan yang sudah ada," katanya. 

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu Iskandar Muda mengatakan, sengat mendukung dengan adanya kegiatan seperti ini. Jangan sampai, kegiatan ini hanya sebatas seremoni saja yang nantinya hanya sia-sia saja. Dan untuk fasilitas yang sudah di bangun oleh pemerintah diharapkan dapat digunakan dengan sebaik – baiknya.“Yang lebih penting harus mensejahterakan masyarakat setempat terlebih dahulu sehingga semua kebutuhan dan program pemerintah dapat berjalan lancar,” katanya.

Menurutnya, pembangunan lumbung pangan adalah salah satu program pemerintah membantu masyarakat dan membantu memperbesar usaha di masyarakat sehingga dapat menekan harga dan membantu perputaran ekonomi di tingkat desa.

“Kegiatan pemerintah ini dalam rangka memajukan perekonomian masyarakat di bidang pertanian makanan. Sehingga diusahakan setiap satu desa mempunyai satu lumbung padi, yang diharapkan dapat membantu perekonomian di Kabupaten Pringsewu,” ujarnya.

Selain itu juga, lanjut Iskandar, Kelompok Tani Rukun Utama II dan Kelompok Wanita Tani Mutiara Tani siap untuk menjadi percontohan dalam ketahan pangan di Kabupaten Pringsewu terutama dalam pemenuhan kebutuhan pangan pokok (beras). Karena, kelompok tani dan KWT nya sudah memiliki lumbung pangan sehingga dinas siap akan mendukung menjadi percontohan di Pringsewu."Kelompok Tani dan KWT nya sudah lengkap memiliki fasilitas yang dibutuhkan. Tinggal nanti apa lagi yang dibutuhkan oleh kelompok, dinas siap untuk memfasilitasinya guna menjadi percontohan di Pringsewu," pungkasnya. (PAN)

Post A Comment: