Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Komnadan Kodim (Dandim) 0410 Kota Bandarlampung (KBL) Kolonel Inf Romas Herlandes selalu mengimbau agar warga terus menjaga kerukukan antar umat beragama.

Salah satunya dengan hadirnya Dandim 0410 KBL dalam acara silaturahmi Kamtibmas Lintas Agama Untuk Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Kota Bandarlampung di mapolrestas setempat,  Selasa (4/2/2020)

Romas mengatakan, kerukunan hidup umat beragama mengandung tiga unsur penting, pertama kesediaan untuk menerima adanya perbedaan keyakinan dengan orang atau kelompok lain. Kedua  kesediaan membiarkan orang lain untuk mengamalkan ajaran yang diyakininya dan yang ketiga, kemampuan untuk menerima perbedaan merasakan indahnya sebuah perbedaan dan mengamalkan ajarannya. Keluhuran masing-masing ajaran agama yang menjadi anutan dari setiap orang. Lebih dari itu, setiap agama adalah pedoman hidup umat manusia yang bersumber dari ajaran
tuhan.

"Kerukunan hidup umat beragama harus diarahkan pada pengembangan nilai-nilai dinamik yang direpresentasikan dengan
suasana yang interaktif, bergerak, bersemangat, dan gairah dalam
mengembalikan nilai kepedulian, kearifan, dan kebajikan bersama dan diorientasikan pada pengembangan suasana kreatif, suasana yang mengembangkan gagasan, upaya, dan kreativitas bersama dalam berbagai sector untuk kemajuan bersama yang bermakna,"tuturnya.

"Dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama dapat
dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut Saling tenggang rasa menghargai dan toleransi antar umat beragama, Tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu, Melaksanakan ibadah sesuai dengan agamanya dan Mematuhi peraturan keagamaan baik dalam agamanya maupun peraturan Negara atau Pemerintah,"pungkasnya.(lis/wawan)

Post A Comment: