Bandarlampung (Pikiran Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung menggelar upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2020, di Lapangan Dermaga B Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Selasa (11/02).

Bertindak selaku pembina upacara Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membacakan amanat Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Dalam amanatnya pembina upacara menyatakan bahwa Pemerintah saat ini memiliki 7 agenda prioritas yang tertuang dalam RPJMN. Dua diantaranya  adalah meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing serta memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

"Dalam agenda peningkatan kualitas SDM, perlu pemahaman K3 yang komprehensif bagi SDM di perusahaan, guna memastikan dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan beresiko, dapat dilakukan secara aman. Pada akhirnya dapat menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, efisien dan produktif," papar Fahrizal.

Lebih lanjut, Sekda Provinsi Lampung juga menyampaikan bahwa dalam agenda pembangunan infrastruktur, Gubernur Lampung memiliki komitmen yang kuat untuk membangun infrastruktur di Provinsi Lampung.

"Salah satu misi Gubernur Lampung yaitu mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas wilayah, yang kemudian dituangkan dalam Janji Kerja Gubernur, salah satunya yakni merevitalisasi pelabuhan-pelabuhan dan membangun Pelabuhan Baru untuk mendukung pembentukan pusat pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.

"Di sisi lain, Pelabuhan Panjang sebagai Pelabuhan Kelas Dunia yang berada di bawah naungan PT. Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) mempunyai peran besar dalam menggerakkan perekonomian. Salah satunya mendukung laju ekspor barang di Provinsi Lampung," pungkasnya.

Pada Upacara Peringatan tersebut Fahrizal juga menyerahkan Bendera Pataka dan Sertifikat Penghargaan Nihil Kecelakaan 2019 kepada 13 Perusahaan. Dilanjutkan dengan Penekanan Sirene dan Pelepasan Balon sebagai tanda Pencanangan Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Lampung 2020. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan simulasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Kerja.

Sementara itu Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menyatakan bahwa Peringatan bulan K3 merupakan sebuah momentum. "Bulan K3 ini sebagai salah satu momentum, soal aware dan care-nya, soal Keselamatan Kerja jangan hanya pas bulan K3, tapi ini hanya untuk mengingatkan. Dan kaitannya dengan kegiatan hari ini (Pelabuhan Panjang) kan menangani Perdagangan Internasional. Ini menunjukkan juga pada publik Internasional bahwa disini Safety dan K3 nya dijamin," jelasnya.

Adapun perusahaan yang meraih Penghargaan Nihil Kecelakaan tahun 2019 yakni PT. PLN Pembangkit Tarahan (12) dua belas Tahun, PT. Semen Baturaja (7) tujuhTahun, PT. Rubber Jaya Lampung (3) tiga Tahun, PT. Bukit Asam Pelabuhan Tarahan (2) dua Tahun, PT. Nestle Indonesia Panjang (7) tujuhTahun, PT. PLN Tanjung Karang (7) tujuh Tahun, PT. Waskita Karya (Persero) Tol Bakauheni sampai Terbanggi Besar (3) tiga Tahun, PT. AKR (3) tiga Tahun, PT. LDC Indonesia (3) tiga Tahun, PT. Waskita Karya (Persero) Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Paket 2 - Zona 2) (2) duaTahun, PT. Waskita Karya (Persero) Jalan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung (2) dua Tahun, PT. Waskita Karya (Persero) Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang (3) tigaTahun PT. Waskita Karya (Persero) Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung (Zona VGF JAPEK 1) (2) dua Tahun. (Rls/San/Napi) **

Post A Comment: