Kadis PPPA Kota Sri Asiyah dan para kabid serta warga sekitar saat meninjau alat bermain anak di Lokasi RPTRA. Foto Wawan Nunyai / Pikiran Lampung 

Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Langkah maju ditempuh oleh Pemerintah Kota Bandarlampung dalam memenuhi hak dasar anak. Utamanya hak dasar bermain anakm yang bukan hanya di rumah atau di sekolah, namun juga di ruang publik

Hal ini terlihat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), pihak pemkot telah membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Perumnas Way Halim, tepatnya di samping Puskesma Rawat Inap Way Halim.

Ditemui Pikiran Lampung di lokasi RPTTRA, Kepala Dinas PPPA Kota Bandarlampung Dra Sri Asiyah mengatakan, dibangunnya tempat ini sebagai wadah bermain anak -anak. Dan rencannya, hari Senin mendatang akan diresmikan oleh Walikota Bandarlampung Herman HN. "Iya insya Allah, hari Senin Besok akan diresmikan oleh pak wali bersamaaan dengan peresmian Puskesmas rawat inap Way Halim," jelasnya, Sabtu (8/2/2020).


Sri Asiyah mengatakan RPTRA di Perumnas Way Halim ini merupakan yang kedua di Kota Bandarlampung. RPTRA yang pertama berada di Lapangan Kalpataru Kemiling." RPTRA ini sangat berguna sekali bagi anak-anak, serta masyarakat. Sebagai sarana bermain dan juga untuk menghindari anak -anak dari ketergantungan bermain gadget,"jelasnya.  

Dijelasknya, RPTRA Perumnas Way Halim memiliki luas 60 meter persegi dan terdiri dari lima permainan." Selain itu juga telah di bangun Ruang Pojok Baca bagi anak yang berada di dalam Puskesmas Perumnas Wayhalim,"ujar Sri Asiyah, didampingi Kabid Data Informasi Maryati, yang juga pernah mengikuti Pelatihan Nasional serta Kasi Pengumpulan dan Pengolahan Data Dinas PPPA Balam, Alidalina. Menurut, Sri Asiyah, nantinya, RPTRA ini bisa digunakan oleh warga umum dan anak -anak yang sedang dibawa ibunya berobat di Puskesmas. "Jadi, sambil nunggu antrian berobat anak -anak bisa bermain di sini,"tegasnya. 

Terpisah, Indra Sunandar, Pengurus Masjid Al Muhajirin Perumnas Way Halim, sangat menyambut baik serta mendukung dengan dibangunnya RPTRA di Perumnas Wayhalim ini." Karena sebagai sarana bermain bagi anak anak yang selama ini tidak ada di sekitar perumahan ini. Dan lokasi ini akan kita jaga dan rawat sama," jelasnya. Untuk informasi, RPTRA ini akan dikelola secara bersama oleh Dinas PPPA kota dan UPTD Puskesmas Way Halim serta melibatkan warga setempat. Jika menilik tempatnya, maka RPTRA ini sangat representatif untuk bermasin anak-anak. RPTRA ini juga terintegrasi dengan sekolah, tempat ibadah serta pusat kesehatan yang berada di sekitar lokasi ruang publik anak ini. (wawan) 

Post A Comment: