Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Dampak pandemi Virus Corona sangat dirasakan pengemudi ojek online. Sebelum terjadi pandemi Corona biasanya menerima orderan hingga 15 kali sehari. Namun kini terjadi penurunan sampai 50%. Hal ini diungkapkan Catur Setiawan Driver Maxim yang setiap hari mangkal di Satelit Squad Maxim (SSM) seberang Kantor ACT Lampung.

Menurut Catur Setiawan dengan adanya penyebaran Virus Corona tersebut Ia dan teman-teman lebih banyak menghabiskan waktu menunggu orderan. Hal ini karena banyak pelanggan yang menerapkan Work From Home (WFH) maupun belajar dari rumah. Padahal ojek online menjadi satu-satunya profesi yang ditekuni dan sumber penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Dengan penurunan orderan dirinya harus menghitung ulang pengeluaran keluarga. Penghasilan yang didapat semakin minim sehingga hanya cukup untuk kebutuhan makan dan bensin. Selain itu profesi yang digeluti juga sangat berpotensi tertular Virus Corona mengingat selalu kontak dengan banyak orang.

 “Iya pendapatan pres kadang kurang, kami hanya bisa pasrah sama yang diatas mas, pokoknya kami tetep narik supaya dapur ngebul” ucapnya.

Kondisi tersebut mendapat respon dari Lembaga Kemanusiaan ACT Lampung. Jum’at (27/03) tim Emergency Response Peduli Corona membagikan nutrisi berupa makanan, susu kurma dan kue pie ke driver ojek online maupun petugas medis dibeberapa rumah sakit.

Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni mengatakan ratusan makanan siap santap telah diserahkan Melalui Management PT. Gojek Indonesia Perwakilan Lampung untuk kemudian dibagikan kepada pengemudi Gojek. Bantuan tersebut merupakan komitmen ACT Lampung bersama mitra untuk membersamai masyarakat Lampung ditengah pandemi Virus Corona.

Selain itu bantuan nutrisi juga telah diterima pengemudi ojek online melalui Wakil Koordinator Lapangan Satelit Squad Maxim (SSM) untuk dibagikan kepada driver Maxim. Setelah itu penyaluran juga akan menyasar pengemudi Grab.

Aksi yang sama juga dilakukan tim relawan disejumlah Rumah Sakit diantaranya RSUD Abdul Moeloek, RS Graha Husada dan RS Urip Sumoharjo. Bantuan nutrisi diterima oleh petugas medis yang tengah berjuang menyelamatkan nyawa pasien ditengah wabah Corona. Dengan nutrisi tersebut diharapkan petugas medis memiliki imunitas tubuh yang kuat sehingga terhindar dari Corona.

“Banyak pihak tergerak membantu masyarakat menghadapi pandemi Virus Corona, bantuan hari ini berasal dari Tumpeng Sedop, Majelis Taklim Babussalam, Yummy Pie, Nuwo Resto, Nasi Gandul, Sate Padang Sidi dan Food Combining (FC) Lampung,” tutupnya.(lis/wan)

Post A Comment: