Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana. Foto ist 

Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Saat ini Dinas Kesehatan Provinsi Lampung terus bekerja keras dan maksimal untuk menangani penyeabaran virus Corona. Kabar baiknya, saat ini dari sejumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di  Lampung, 8 orang dinyatakan negatif. Namun begitu warga dimbau tetap waspada serta mengikuti anjuran pemerinta.

Dalam keterangan persnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mengungkapkan bahwa saat ini kondisi empat pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 dalam keadaan stabil.

"Saat ini semua pasien positif corona yang diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM) pada umumnya baik dan stabil," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, kemarin,

Ia mengatakan, per hari ini (28/3) pihaknya sedang melakukan perawatan terhadap pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 11 orang. Untuk pasien yang sudah dinyatakan negatif sebanyak delapan orang.

"Sedangkan untuk orang dalam pantauan (ODP) berjumlah 650 orang yang tersebar di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung," jelasnya.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran (tracing) dari pasien 02, 03 dan 04, dan hasilnya dari pasien 02 timnya melakukan pengecekkan kepada 15 orang.

Kemudian, lanjutnya, untuk pasien positif COVID-19 nomor 03 pihaknya pun telah melakukan penelusuran sekitar 60 orang dan setengahnya sudah dilakukan pengecekkan.

"Dari kesemua orang ini syukur mereka negatif semua setelah diperiksa kesehatannya," kata dia.

Ia mengatakan akan melanjutkan pengecekkan pada hari Senin (30/3), sedangkan hasil tracing dari pasien nomor 04 ada sekitar 9-23 orang yang akan dilakukan pemeriksaan kesehatannya.


hasil penelusuran (tracing) terhadap sejumlah orang yang pernah kontak dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Lampung, menunjukkan hasil negatif.

"Kami telah melakukan penelusuran kepada sejumlah orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 nomor 01 dan 02 dengan hasil tracing negatif, " ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menjelaskan sejumlah 15 orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 nomor 02 dinyatakan negatif.

"Untuk hasil tracing pasien nomor 02 ada 15 orang semua negatif, lalu 23 orang dari 60 orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien 03 juga dinyatakan negatif, dan 37 orang lainnya tengah menjalani tes," katanya.

Menurutnya, petugas survailans tengah melakukan tracing terhadap sejumlah orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien 04.

"Ada sekitar 9 hingga 23 orang tengah di telusuri oleh petugas survailans dan tengah menunggu hasil tes," katanya.

Petugas medis di Provinsi Lampung kini tengah melakukan pelayanan kesehatan kepada 11 orang pasien dalam pengawasan (PDP), 4 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19, serta 650 orang dalam pemantauan (ODP) yang tersebar di 15 kabupaten/kota.

"Kami tengah melakukan pelayanan kesehatan kepada 11 orang PDP, 650 ODP, serta 4 pasien positif, dan keadaan pasien positif untuk hari ini stabil, " katanya.

Ia mengatakan, untuk membantu pemerintah mencegah persebaran COVID-19 serta menyelamatkan sesama, masyarakat di himbau untuk disiplin melaksanakan anjuran pemerintah dan melaksanakan protokol kesehatan.(Ant/P1) 



Post A Comment: