Dokter Zam Zanariah saat memberikan Edukai ke warga Gunung Sari terkait Corona. Foto Tim Media Relawan Rumah Juang Sehat
Bandarlampung (Pikiran Lampung) - Sebagai tenaga medis, Dokter Zam Zanariah terus memberikan edukasi dan sosialisasi bahaya virus Corona serta cara menghindarinya kepada warga di Kota Bandarlampung.

Hal ini terus dilakukan oleh dokter ramah itu ke berbagai pelosok pemukiman warga yang ada di kota Tapis Berseri. Hal yang sama terlihat juga saat Dokter Zam silaturahmi dengan warga di Kelurahan Gunungsari, Kecataman Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung.

Hal ini dijelaskan oleh Sekretaris Relawan Rumah Joeang sehat, Heri, kemarin. "Agendanya sosialisasi tentang corona dan pencegahannya,"tegas pria yang biasa disapa Heri Bro ini dengan ramah,

Dalam kesempatan tersebut, lanjutnya, Dokter Zam memaparkan tanda-tanda jika seseorang terserang covid 19 atau virus Corona ini. " Seperti, batuk, demam, pilek, daya tahan menurun. Makanya, Dokter Zam menganjurkan warga mengisolasi diri atau diam i rumah selama 2 minggu," jelasnya. Tak lupa juga lanjutnya, Dokter yang biasa disapa kanjeng tersebut mengimbau warga brprilaku hidup sehat selama di rumah. "Dengan menggunakan masker, rajin cuci tangan menggunakan sabun/sanitizer,banyak2 minum vitamin dan buah -buahan,"pungkas pria murah senyum ini.

Sementara itu, terpisah, Koordinator relawan Mak -mak Rumah Joang Sehat, Rita Novita, S.Kom, mengatakan, dr. Zam Zanariah yang juga calon wakil walikota Bandar Lampung berdampingan dengan Ike Edwin melalui jalur independen dengan tagline Bandarlampung sehat bermartabat ini terus memmberikan edukasi bahaya Corona ke berbagai lapisan masyarakat.

"Sebagai seorang dokter beliau begitu sangat menggebu dalam upaya memberikan pemahaman tentang bahaya virus corona, bahkan sebelum beliau praktik di hadapan seluruh pasiennya dr.Zam berikan dan tekankan mengenai cara pencegahan covid 19 di Rs.Advent," jelasnya, Jumat (26/3/2020).

Dilanjutkan Rita, menurut Dokter Zam, harus ada langkah cepat dan tepat dari pemerintah dalam mengambil kebijakan soal bahaya virus corona. "Virus ini berbeda dengan virus yang lain dalam penyebarannya, maka kita harus waspada dengan cara melakukan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan," jelas Rita mengutif ucapan Dokter Zam.

Sementara itu, dalam pemaparannya, Dokter Zam selalu brpsan ke warga agar terus waspada terhadap wabah Corona.
"Jangan lupa, selalu menjaga kebersihan dan memakai masker dan satu hal lagi jangan lupa saling menjaga jarak demi kebaikan kita bersama serta selalu cuci tangan. Mulai saat ini dan kedepannya harus tetap menjaga kebersihan, sebab menjaga kebersihan sebagian dari iman," ungkap dr.Zam.

 Dokter Zam menghimbau untuk tidak berpergian ke luar rumah jika tidak ada hal urgent untuk mengindahkan kebijakkan pemerintah dan mengantisipasi pencegahan covid 19.

Saat pelayanan pasien dr.Zam atau yang sering disapa Kanjeng Zam tanpa lelah mengedukasi seluruh pasiennya, dengan berpakaian atribut Alat Pelindung Diri (ADP) lengkap beliau menjelaskan secara rinci mengenai covid 19 dan menghimbau petugas kesehatan untuk tetap siaga dalam menindak lanjuti pasien yang curiga covid 19 secara sigap. (Indah/Tika) 

Post A Comment: