Anna Morinda 
Metro Pikiran Lampung)- Kota Metro kunjungi puluhan rumah yang terkena bencana angin puting beliung yang terjadi di Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Metro Utara, pada Minggu 15 Maret 2020 lalu. Selain memporak-porandakan rumah angin puting beliung itu juga menumbangkan tiang listrik dan puluhan pohon.

Wakil Ketua I DPRD Kota Metro, Anna Morinda bersama Warga setempat mengecek satu persatu rumah terdampak bencana tersebut. Meski begitu, ia mengaku kagum dengan semangat gotong royong warga saat dihadapkan oleh puing bangunan serapah puting beliung menerjang

“Alhamdulillah kita lihat warga begitu semangat bergotong royong ketika menghadapi musibah. Ini adalah hari ke Tiga dan kita lihat semua sudah beres, hanya tinggal beberapa yang rusak berat belum selesai diperbaiki. Ini bukti bahwa rakyat kita berdaya, kunci daerah untuk maju itu kalau rakyatnya bersemangat bersiap menghadapi apapun bersama-sama,” ucap Anna usai meninjau rumah korban puting beliung, Selasa, (17/03/2020).

Ia juga mengapresiasi respon cepat perangkat pemerintah kecamatan dalam menanggulangi bencana.

“Terimakasih kepada pak RT, RW, Lurah dan Camat, itu harus kita apresiasi. Kedepan terkait hambatan penanggulangan bencana akan kita evaluasi, kita jadikan catatan agar pelayanan pemerintah semakin baik,” pungkasnya.

Sementara itu, dari data yang dihimpun, terdapat lebih dari 20 rumah terdampak bencana. Puluhan rumah tersebut terdapat di RW 01, 03 dan 04 Kelurahan setempat. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut namun kerugian di taksir mencapai puluhan juta rupiah.

Ketua RT 11 RW 03 Karang Rejo, Metro Utara, Kusnandar mengungkapkan, selain rumah terdapat juga 9 titik tiang listrik yang roboh dan puluhan pohon besar tumbang.

“Waktu kejadian itu cepat sekali ya, saya kan dari sawah tiba-tiba hujan disertai angin kencang kaya puting beliung itu, muter-muter gitu. Istri saya sampai gemetaran karena genteng dan atap rumah itu pada terbang. Kita sepontan langsung lari menyelamatkan anak. Tiang-tiang listrik itu pada roboh, ada 9 tiang listrik. Kalo pohon banyak banget mas, pohon besar saja ada puluhan,” terang Kusnandar.

Ia juga berharap, kedepan pemerintah dapat sigap dalam penanggulangan bencana.

“Pas kejadian itu, tidak lama BNPB datang menebangi pohon-pohon yang menggangu jalan. Harapan kita sebagai masyarakat, seandainya terjadi bencana seperti ini harus cepat tanggap dan sigap,” ucapnya.

Selain itu, mengatasnamakan warganya Kusnandar mengharapkan sosok Wakil Rakyat seperti Anna Morinda dapat memimpin Kota Metro kedepan.

“Saya juga mewakili warga di sini mengucapkan banyak terimakasih atas kepedulian ibu, sosok pemimpin seperti ibulah yang kami harapkan harapnya(Berlian)

Post A Comment: