Pesawaran (Pikiran Lampung) - Bencana tanah longsor terjadi di 3 (tiga) titik wilaya jalan Raya Way Ratay, tepatnya di Jalan Pematang Liang, Desa Persiapan Dantar Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran, Sabtu (13-06-2020).

Adapun penyebab terjadinya bencana tanah longsor, yakni curah hujan yang tinggi sejak hari Jumat tanggal 12 Juni 2020 Pukul 23.00 Wib. Sehingga posisi lahan perkebunan milik warga yang berada di tebing/kemiringan dengan konstur tanah yang labil mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor dan robohnya tiang listrik, mengakibatkan listrik padam di wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Kepolisian Sektor Padang Cermin, Polres Pesawaran dengan sigap langsung mengerahkan Anggotanya,
melakukan Pengamanan dan Himbauan kepada pengguna jalan yang melintas bahwa jalan untuk sementara tidak dapat dilintasi oleh Kendaraan R2 maupun R4. Berkoordinasi dengan Unsur Kecamatan Padang Cermin dan Aparat Desa Persiapan Dantar untuk mendatangkan alat berat untuk evakuasi material tanah longsor. Berkoordinasi dengan  PLN Hanura terkait dengan robohnya tiang listrik PLN.

Akibat tanah longsor tersebut, tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi berupa robohnya pohon jati dan tiang listri PLN yang menyebabkan putusnya akses jalan pematang liang serta padamnya Aliran Listrik Desa Persiapan Dantar Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. (San)

Post A Comment: