Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Lembaga Perlindungan Anak (LPA)
Bandar Lampung sepakat agar anak sekolah, tetap belajar dari rumah sampai Covid-19 benar-benar Berakhir

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung, Ahmad Apriliandi Passa, mengharapkan Pemerintah Kota Bandar Lampung dan Provinsi Lampung tetap melanjutkan program belajar dari rumah sehubungan dengan pademi Covid-19 yang sampai dengan saat ini belum berakhir.

"Selama Indonesia, Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung belum sepenuhnya bebas dari serangan virus corona, kebijakan anak belajar di rumah saja harus tetap dijalankan sekalipun ada kebijakan pemerintah menjalankan "Tatanan normal baru menghadapi Covid 19."jelasnya, kemarin.

Memang ada beberapa alternatif, lanjutnya, agar sekolah dapat mengatur kehadiran siswa secara bergantian dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan secara konsisten namun hal tersebut cukup beresiko.

Oleh sebab itu penerapan siswa agar tetap belajar dari rumah merupakan alternatif yang aman dengan catatan pemerintah juga harus turut menjamin dan memastikan bahwa seluruh biaya selama belajar dirumah ditanggung pemerintah melalui program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).  Untuk memenuhi fasilitasi quota pulsa, internet dan fasilitas yang timbul dan berhubungan dengan proses belajar mengajar selama belajar di rumah saja.

"Masukan kami untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung dan Provinsi Lampung juga harus bisa memastikan para guru mempunyai kemampuan untuk melaksanakan kebijakan tatanan normal baru dari rumah saja.

Demi keberlanjutan proses belajar dan mengajar dan hak anak atas pendidikan selama bangsa dan republik menghadapi serangan virus corona, pemerintah harus sungguh-sungguh hadir dalam situasi pademi Covid-19 ini,"pungkas Apri.

Hal ini senada dengan Ketua Komnas Perlindungan Anak, Aris Merdeka Sirait  yang menyampaikan kebijakan anak tetap belajar di rumah dengan syarat pemerintah harus bisa menjamin dan memastikan menanggung biaya yang ditimbulkan selama belajar di rumah.(wan)

Post A Comment: