Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Seperti sekolah pada umumnya, MAN 1 Bandarlampung menggelar masa pengenalan kepada siswa baru di tahun ajaran 2020 ini.

Untuk MAN 1, masa pengenalan sekolah ini disebut Matsama atau Masa Ta'ruf Madrasah. Yang berlangsung selama tiga hari, dimulai dari tanggal 15 hingga 17 Juli 2020. Namun, di tengah suasana pandemi Covid-19 ini, MAN 1 hanya bisa menggelar Matsama melalui daring atau online.
Menurut Drs. Husnul Khaitami, Waka Humas MAN 1 Model Bandarlampung, pada Matsama ini pihak sekolah memberikan tiga materi pokok.
"Ukhuwah Islamiyyah, ukhuwah basyariyah, ukhuwah wathoniyah , tiga materi ini tercakup dalam topic moderasi beragama," jelasnya usai penutupan Matsama, Jumat (17/7/2020).

Lanjutnya, Ukhuwah Islamiyyah adalah,  ikatan persaudaraan seagama,
Ukhuwah basyariyah, menjalin hubungan antar manusia tanpa memandang latar belakang agama dan sosial budaya.
Ukhuwah wathoniyah adalah menjalin hubungan yg erat karena keturunan dan kebangsaan.

" Harapan kami dengan adanya matsama ini, bisa membentuk karakter siswa MAN 1 agar berfikir positif dan bernalar kritis," jelasnya. Ditambahkan Hera Suzana, S.Pd, salah satu Guru dan pemateri Matsama, siswa baru MAN 1 juga diperkenalkan lingkungan madrasah dan semua tata tertib yang ada di sekolah tersebut.
" Untuk sementara kita akan tetap belajar secara daring dari rumah, insya Allah kita akan aktif tatap muka belajar di sekolah pada bulan September mendatang. Kendala selama matsa daring ini kata Vera, hampir tidak ada. " Alhamdulillah semua berjalan lancar, kita sudah persiapkan semua secara maksimal. Baik jaringan internet maupun daya listrik," jelasnya.

Sementara itu, penutupan Matsama berjalan lancar, 432 siswa baru mengikuti secara online melalui aplikasi Zoom. Dipimpin langsung Kepala MAN 1 Bandarlampung, Drs. M.Iqbal, peserta diajak berdoa bersama agar terhindar wabah Corona. Peserta juga bersholawat bersama. Pada sambutannya, Iqbal meminta para siswa baru MAN 1 tetap aktif mengikuti semua kegiatan sekolah secara daring rumah. MAN 1 Model Bandarlampung merupakan salah satu sekolah favorit yang ada di Lampung dan beralamatkan di Sukarame Bandarlampung.(Wawan)

Post A Comment: