Bandarlampung (Pikiran Lampung) -  Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh personel Brimob Polri adalah kemampuan SAR Laut. Sesuai dengan arti kata SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue (Pertolongan/Penyelamatan). Maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis SAR serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang/pendukung kegiatan di lapangan.

Satuan Brimob Polda Lampung Menggelar latihan SAR Laut di Pulau Kelagian Pesawaran lampung yang diikuti oleh Perwakilan Personil Jajaran Satbrimob Polda Lampung, Selasa 25/08

Komandan Satuan Brimob Polda Lampung Kombes Donyar Kusumadji,S.ik. Mengatakan bahwa Kegiatan latihan SAR Laut ini Merupakan Latihan Rutin untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalitas personel Brimob Polda Lampung.

“Latihan ini sebagai salah satu cara untuk mensinergikan Persepsi pada saat terjadi bencana atau musibah di air dan juga sebagai wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas di lapangan serta untuk membentuk mental personel apabila dibutuhkan untuk bergerak di lautan.”tambahnya.





Sementara itu, AKP Moch Sonep, SH,.M,H, instruktur kegiatan, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk para anggota Brimob. " Latihan SAR Laut kali ini terfokus dalam kegiatan penyelaman dan teknik evakuasi serta penyelamatan korban di laut yang berdasarkan SOP yang berlaku untuk mengurangi kesalahan prosedural dalam penanganan korban,"jelasnya.

Dalam kegiatan ini, harapnya, personil Brimob bisa berperan dalam setiap kegiatan SAR yang ada di wilayah Lampung. "Semoga kegiatan peningkatan kemampuan SAR ini, membuat personi Satuan Brimob Polda Lampung semakin percaya diri untuk melayani masyarakat, terutama saat bencana," punkas pria yang juga menjabat sebagai komandan tim ini. (Wawan)

Post A Comment: