Ketua KNPI Bandarlampung, Iqbal Ardiansyah, saat melakukan donor darah di PMI, kemarin. foto Hersoli Rizwan Nunyai/Pikiran Lampung
Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Komitmen besar untuk kemanusiaan ditunjukkan oleh pemuda Bandarlampung yang tergabung dalam wadah KNPI. Di bawah komando Ketuanya Iqbal Ardiansyah dan Sekretaris Een Riansyah, KNPI Bandarlampung terus berbuat untuk warga Tapis Berseri. Termasuk kegiatan bakti sosial donor darah.

Bertalian dengan itu, dalam rangka memperingati HUT Ke-75  PMI menggandeng KNPI  Kota Bandarlampung menggelar aksi donor darah yang bertempat di Aula PMI KOTA Bandar lampung, Rabu (16/9/2020).

Tema yang diusung kali ini "Dengan HUT Palang merah Indonesia ke-75 kita tingkatkan Solidaritas untuk Kemanusiaan dikota Bandar lampung". Kegiatan ini diikuti pemuda KNPI dan masyarakat umum.

Ketua PMI Kota Bandar Lampung Dedi Amarullah dalam sambutannya menyampaikan PMI saat ini telah berusia 75 tahun seperti usia kemerdekaan Republik Indonesia. PMI selalu terdepan dalam membantu masyarakat yang mengalami musibah bencana, khususnya pertolongan akan kebutuhan darah. Kegiatan ini sangat membantu Unit Transfusi Darah (UTD) PMI untuk menjaga ketersediaan darah untuk digunakan bagi masyarakat yang membutuhkan donor darah.

Menurut Ketua PMI yang sekaligus Calon  Wakil Wali Kota Bandar Lampung ini, ada tiga tugas  PMI antara lain urusan kebencanaan, baik itu bencana alam maupun kesehatan, seperti pandemi covid-19 saat ini; yang kedua pelayanan kesehatan terutama ke daerah terpencil dan sulit di jangkau tanpa mengambil alih tugas dan pelayanan Dinas Kesehatan, serta tugas ketiga adalah urusan transfusi darah, karena PMI diberikan kewenangan untuk melakukan donor dan transfusi darah.

Dedi berharap akan semakin baik apabila lebih banyak masyarakat yang melakukan donor darah, karena satu tetes darah bisa menyelamatkan nyawa manusia.

"Acara hari ini donor darah PMI kerjasama KNPI, yang merupakan rangkaian kegiatan HUT PMI Kota Bandar Lampung ke 75. Saya ucapkan terima kasih atas sumbangsih para pemuda KNPI karena telah membantu donor darah, Karena kebutuhan darah sangat diperlukan, semoga dengan aksi donor darah ini PMI dapat membantu masyarakat yang membutuhkan," ungkap Dedi

Sementara itu, Kepala UTD PMI Provinsi Lampung, dr.Aditya mengatakan ia merasa sangat senang dengan kegiatan seperti ini,di karenakan UTD Setiap hari membutuhkan 100 kantong darah perhari.

"kami sangat senang sekali dengan kegiatan seperti ini, Karena UTD setiap hari butuh 100 kantong per hari, Jadi dengan ada kegiatan seperti ini sangat membatu sekali,"ujarnya

Aksi donor darah ini berlangsung selama satu hari, dan terkumpul sebanyak 63 kantong darah. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Enggal, Lurah Rawalaut, Babinsa dan Babinkamtibmas yang sekaligus mereka turut mendonorkan darahnya.

Ketua DPD KNPI kota Bandar Lampung Iqbal Ardiansyah mengatakan Kegiatan hari ini merupakan aksi sosial pemuda KNPI kota Bandar Lampung.

"Konsen KNPI akan melaksanakan aksi aksi sosial Seperti bersih bersih, Jumat berbagi, dan hari ini donor darah," ujar Iqbal

Selain menggelar donor darah, PMI Kota Bandar Lampung juga mengadakan webinar Psychosocial Support Program (PSP) dengan tema mengatasi boring saat daring.(wan)

Post A Comment: