Bandarlampung (Pikiran Lampung) - Direktorat Samapta  Polda Lampung menggelar Pelatihan peningkatan kemampuan penanganan bencana dan kecelakaan di masa pandemi covid 19 bersama Basarnas dan potensi SAR  wilayah Lampung. Yang digelar selama tiga hari, dimulai hari Kamis,17 September hingga  Sabtu 19 September 2020.

Dalam kegiatan yang bekerjasama dengan Basarnas tersebut membahas pelatihan Search And Rescue (SAR), di hari pertama, teori penanggulangan bencana dan pertolongan pertama, hari kedua praktek penanganan korban yang ada di tebing,hari ketiga penyelamatan korban tenggelam di laut.

Pelatihan diikuti berbagai elemen potensi SAR, diantaranya Sabhara, Basarnas, PMI, Tagana, Vertikal Rescue, Pecinta Alam, Forum rescue dan relawan Lampung, pelatihan ini bersifat pematangan agar para potensi SAR lebih memahami dan lebih profesional saat terjun dilapangan dalam penanganan korban.


AKP Ladi selaku Kasi Pammat Ditsamapta Polda Lampung mengatakan latihan SAR digelar untuk meningkatkan kemampuan tanggap darurat bencana agar lebih memahami dan lebih profesional dalam memberikan pertolongan evakuasi.


"Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan tanggap darurat agar peserta lebih memahami dan lebih profesional dalam memberikan pertolongan pada saat evakuasi korban" ujarnya


Sementara itu, Aris Gibrant selaku ketua forum rescue & relawan Lampung mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan ini dari organisasi yang memang biasa turun saat bencana dan berpotensi SAR.

"Peserta dari Sabhara, Basarnas, PMI, Tagana, Vertikal Rescue, Forum rescue dan relawan Lampung" pungkasnya.

Denny Maezu salah satu Mentor dari Basarnas menambahkan kegiatan ini sifatnya berbagi ilmu dan pematangan agar penanganan korban dilapangan sesuai dan tidak timpang.

"Berbagi ilmu bersama teman teman yang memang biasa turun dilapangan yang berpotensi SAR," tutup Denny.(Amri)

Post A Comment: