Penyerahan dana untuk renovasi rumah bung Hatta oleh masyarakat koperasi Indonesia kepada Murti Hatta.

Jakarta (Pikiran Lampung)
- Rumah mantan wakil presiden Muhammad Hatta, cukup lama terbengkalai dengan kondisi yang sangat memperihatinkan. Melihat kondisi rumah proklamator tersebut, masyarakat koperasi Indonesia melalui salah satu tokohnya, H. Hasanuddin, Bsy.SH, tergerak untuk melakukan renovasii.

Kepada Pikiran Lampung, pria yang juga asli Lampung ini mengatakan, selama ini dirinya berapa kali berkunjung ke rumah Hatta. " Dan saya terus terang sangat sedih dan miris melihat kondisi rumah salah satu bapak bangsa kita tak terawat begitu," jelasnya, Rabu (7/10/2020). 

Rumah Bung Hatta setelah direnovasi.
Beberapa kali melihat kondisi rumah proklamator tersebut, Hasanuddin lantas meminta ijin kepada anak Bung Hatta untuk melakukan renovasi. " Ya, setelah saya berkunjung ke rumah bung Hatta berapa kali akhirnya, saya minta ijin dan menyanggupi untuk merehab rumah tersebut. Dan pada tahap awal Alhamdulillah terkumpul dana kurang lebih Rp800 juta. Dan itu langsung kami serahkan ke Ibu Mutia Hatta," jelas Ketua Koperasi PNS Jakarta Raya ini.

Rumah Bung Hatta sebelum Direnovasi.

Hingga pada awal bulan Juli 2020, kata dia, renovasi rumah bung Hatta dimulai. " Kalau yang merenovasi keluarga Bung Hatta, kami hanya mengumpulkan dana saja," jelas pria kelahiran Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Abung Barat Lampung Utara yang masih nampak bugar ini. 


Selama ini kata Hasanuddin, rumah tersebut keliatan tak terawat dan kurang perhatian dari pemerintah. Keluarga Bung Hatta juga sudah berapa kali mengajukan untuk direnovasi, namun tidak direspon." Sehingga saya tergerak untuk menginisiasi untuk mengumpulkan dana melalui masyarakat koperasi Indonesia," jelasmya..


Kini rumah yang beralamat di jalan Diponegoro No 57 Jakarta Pusat itu sudah selesai dipugar. " Alhamdulillah sekarang sudah selesai dipugar dan nampak rapih. Dana yang terkumpul hampir sebesar 1/Rp1 milyar," pungkasnya. (Wawan)

 

Post A Comment: