Bandarlampung (Pikiran Lampung
)- Membangun dan menjalankan koperasi harus dengan semangat yang gigih dan fokus. Terutama bagi para pendiri dan anggota koperasi tersebut.

Hal ini dijelaskan Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Indra AA Minpaduka, saat memberikan sambutan pada acara penyuluhan dan pelatihan Pendirian Koperasi Konsumen Rumah Juang Jaya, Kamis (12/11/2020).

" Banyak koperai yang tutup pada tahun kedua dan ketiga, hal ini banyak disebabkan oleh kurangnya semangat para anggota dalam menjalankan koperasi tersebut," jelasnya. Oleh karenanya, Indra berharap Koperasi Rumah Juang Jaya (RJJ) bisa berjalan dan sukses. 


Sementara itu, Ketua Koperasi Rumah Juang Jaya, Yunizer Hasan,S.T.M.M, mengucapkan berterimakasih atas kehadiran tim penyuluhan dari dinas Koperasi dan UMKM Lampung. " Saya ucapkan terimakasih banyak atas kehadiran bapak dan ibu pemateri, karena sudah menyempatkan waktunya untuk mentransfer pengetahuan mengenai pendirian koperasi," jelasnya. 
Yunizer yang juga suami dari Dokter Zam Zanariah ini berharap, semua anggota bersemangat dalam mendirikan koperasi ini sampai jaya seperti nama koperasi itu sendiri.

Hadir juga dalam penyuluhan ini, pembina koperasi RJ Jaya, Dokter Zam Zanariah. Dalam pengarahannya dia berharap semua anggota koperasi punya komitmen untuk berjuang dan membesarkan Koperasi Rumah Juang Jaya. " Saya berharap semua anggota dan pendiri Koperasi Rumah Juang Jaya punya semangat dan visi yang sama dan menjalankan Koperasi Rumah Juang Jaya," tegasnya. 




Acara pelatihan dan penyuluhan ini berlangsung lancar dan sukses dengan menghadirkan beberapa pamateri. Di antaranya,  Ustad. Ilham ( pengusaha UMKM Kopi) Rospawati, SH. (pengusaha pisang sukses dan juara 1 UMKM Nasional) Serta Phaturahman Pratama, Kabid penyuluhan Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Lampung. Acara pelatihan ini diikuti oleh pendiri dan anggota koperasi Rumah Juang Jaya.

Untuk diketahui, setelah memutuskan netral dan tidak mendukung calon manapun di pilwalkot Bandarlampung, Relawan Rumah Juang pendukug Dokter Zam Zanariah saat suksesi Pilwalkot lalu, akhirnya memutuskan untuk mendirikan koperasi konsumen dan Simpan pinjam dengan nama Koperasi Rumah Juang Jaya.

Tujuan dari pendirian koperasi ini adalah sebagai wadah pengembangan ekonomi bagi anggotanya dan membantu masyarakat ekonomi lemah untuk mendapatkan sembako murah. Dimana, nantinya Koperasi Rumah Juang Jaya atau disebut RJ Jaya, akan menyediakan sembako murah dengan harga grosir serta beberapa produk UMKM lainnya. Dan rencananya, RJ Jaya juga akan mengembangkan koperasi simpan pinjam untuk membantu permodalan usaha UMKM. 

Pendirian koperasi Rumah Juang Jaya ini sendiri diinisiasi oleh Dokter Zam Zanariah beserta suami tercinta Yunizer Hasan, dengan sumbang saran dan buah pemikiran dari beberapa orang terdekatnya, yakni Ustad Ubaydilah Al Faruq, Rita Novita, S.kom, Aang Kurnaidi, Edi Khumaidi serta Sri Indah Dari. Pendirian koperasi ini sebagai wujud rasa kepedulian terhadap seluruh relawan Rumah Juang serta warga Bandarlampung pada umumnya, khususnya dari kalangan ekonomi lemah. Sebagai komitmen Dokter Zam yang akan terus berbuat untuk warga Bandar Lampung, sekalipun dirinya belum jadi maju di pilwalkot tahun ini.(Wawan)  

Post A Comment: