Tulang Bawang (Pikiran Lampung)
- Realisaai beberapa proyek di dinas Kesehatan Tulangbawang diduga bermasalah dan berpotensi merugikan keuangan negara. Salah satunya proyek instalasi pengelohan air limbah di Puskesmas Menggala.

 Indikasinya, PPK  di Dinas Kabupaten Tulang Bawang diduga melakukan pembiaran terhadap tersebut.

Sebab, proyek tersebut tetap berjalan meski tanpa plang nama dan terkesan asal jadi.  Besar dugaan, jika tetap seperti itu, proyek akan mangkrak. Karena dinilai batas limit waktu yang sudah disepakati di dalam kontrak antara pihak Dinas dan pihak rekanan selaku pemenang tender sudah menghitung hari lagi, 


Namun hal ini tak diindahkan dan dibiarkan oleh pejabat pembuat komitmen (PPK) di dinas kesehatan Tulangbawang itu sendiri, ini kuat indikasi adanya permainan dalam pelaksanaan proyek ini.

Kelengkapan plang proyek yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020 tersebut bukan hal sepele karena di amanatkan undang-undang (UU) no 14/2008 tentang keterbukan informasi publik (KIP) dan peraturan presiden (PERPRES) no 70/2012 tentang perubahan kedua atas perpres no 54/2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Dalam hal ini rekanan sudah melanggar UU Dan PPK pasti tau ini, tapi aneh nya terkesan di biarkan. ada ketidaktegasan dalam hal ini padahal di ketahui bahwa dalam dana pembangunan IPAL ini cukup besar. 

Untuk diketahui fungsi dan kegunaan IPAL ini sagat penting dalam pegelolaan Air limbah yang di hasilkan rumah sakit atau puskesmas terhadap potensi pencemaran sangat tinggi karena mengandung senyawa organik yang cukup tinggi serta senyawa kimia mikro organisme patogen, harus nya di bangun secara serius tanpa melanggar UU, dan nantinya juga harus di kelola dengan baik agar tidak bermasalah terhadap lingkungan sesuai amanat Permenkes.

Sementara itu PPK dari Dinas Kesehatan Tulang bawang Solihin saat ditemui diruang kerjanya,  Selasa (17/11/2020) menyatakan akan segera memberikan teguran terhadap pelaksana proyek untuk dapat segera memasang plang proyek dan akan turun untuk melihat terkait pekerjaan apakah sudah sesuai standar atau belum.

"Nanti kita berikan teguran untuk pasang plang dan kita cek juga telah berapa persen progres pekerjaannya," tegasnya. (Ida)

Post A Comment: