Way Kanan (Pikiran Lampung) - Basarnas Lampung bersama Tim SAR Gabungan Evakuasi Jenazah Rian (29) di Sungai Giham pada Kamis (14/01).

Kejadian berawal pada hari Selasa (12/01) pukul 17.00 WIB korban pergi bersama kakak kandungnya bernama Suparno untuk mencari burung di pinggir Sungai Giham, namun pukul 18.30 WIB pihak keluarga mendapat informasi bahwa korban hilang diduga tenggelam dan terbawa arus Sungai Giham. 

Informasi tersebut berasal dari Kakak kandung korban yg pulang dari lokasi kejadian untuk meminta pertolongan. Korban  Rian berusia 29 tahun, jenis kelamin laki laki dan merupakan warga Dusun Bumi Baru Kec. Blambangan Umpu Kab. Way Kanan.

Basarnas Lampung menerima berita tersebut dari Kepala Pelaksana BPBD Way Kanan, Bisni Janadi. Menindaklanjuti laporan tsb Basarnas Lampung mengirimkan 1 tim rescue dengan jumlah 6 orang untuk bergerak menuju lokasi dan bergabung bersama tim SAR gabungan pada Rabu (13/01) pukul 22.30 WIB. 

Tiba di kantor BPBD Way Kanan, Kamis pukul 03.05 WIB tim langsung berdiskusi bersama BPBD untuk melakukan pencarian pada pukul 07.00 WIB.

Pukul 06.30 WIB Tim SAR Gabungan melaksanakan briefing dan membagi menjadi 2 tim : Tim I melaksanakan penyisiran dgn Menggunakan 2 unit perahu karet (Rubber Boat) Basarnas dan BPBD Kab Way Kanan dengan radius hingga 3 km menuju hilir Sungai Giham. Tim II melakukan penyisiran Via Darat sepanjang aliran Sungai Menuju Hilir. Pada pukul 15.05 WIB Tim Rescue Gabungan berhasil menemukan korban pada Kordinat 04°27'13.74" S - 104° 24'22.37" T dalam kodisi Meninggal Dunia sekitar ± 4 km dari lokasi awal kejadian selanjutya Jenazah korban akan dievakuasi menuju Rumah Duka. Tiba di rumah duka selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada pihak keluarga.

Mewakili Kepala Basarnas Lampung Dantim Rescue yg bertanggung jawab dlm pencarian ini Bp. Akrim membenarkan perihal tersebut. “Pencarian Korban membuahkan hasil, korban ditemukan pada pukul  15.20 WIB, kurang lebih 4 km dari lokasi kejadian.” Ujar Akrim. Selain itu Bp. Akrim juga menambahkan bahwa pihak Basarnas Lampung mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak / potensi SAR yang telah membantu pencarian pada operasi SAR ini. “Semoga Allah SWT yang akan membalas semua niat dan usaha kita.” Tambah Akrim.  (*)

Post A Comment: